Gali Potensi Atlet Daerah, 2.370 Peserta Ikuti Japfa Lamongan Beach Run2016

Bupati dan Wakil Bupati Lamongan, H. Fadeli dan Hj. Kartika Hidayati, beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Lamongan memberangkatkan event Lamongan Beach Run 5K & 10K, Minggu (21/8/2016)

LAMONGAN (IndonesiaTerkini.com)- JAPFA Foundation, yayasan korporasi yang didirikan oleh PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk, bekerjasama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan Pemkab Lamongan serta didukung oleh PT. Jakamitra Indonesia, Lamongan Shorebase, dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Sidoarjo, menggelar acara lomba lari "Lamongan Beach Run 2016", Minggu (21/8/2016). Meski pertama kali, sebanyak 2.370 peserta ikuti Lamongan Beach Run 2016 ini bertujuan sebagai ajang untuk memperkenalkan Kabupaten Lamongan ke masyarakat luas serta diharapkan juga dapat menggali potensi atlet-atlet daerah yang potensial dan berprestasi.

Bupati Lamongan, Fadeli mengatakan, tidak salah memilih Lamongan sebagai tempat kegiatan ini. Karena tempat ini berada di tepi lautan yang memiliki sumber alam yang luar biasa.

"Mulai Desa Tlogosadang sebagai start kegiatan ini hingga finish di Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Paciran, memiliki potensi yang luar biasa. Setidaknya ada Lamongan Integrated Shorabase (LIS). Ke barat sedikit terdapat Wisata Bahari Lamongan (WBL) Paciran. Kebarat lagi masuk wilayah Kecamatan Brondong, terdapat TPI Nusantara Brondong yang merupakan terbesar di Jatim, dan kebarat lagi juga ada Pelabuhan Rakyat di Desa Sedayulawas," ujarnya saat membuka dan memberangkatkan para peserta Lamongan Beach Run 2016, Minggu (21/8/2016).

Oleh sebab itu, peserta Lamongan Beach Run 2016 ini selain berlari menaklukan tantangan, para peserta akan disuguhi latar belakang pantai, pesisir dan suasana Desa Kemantren yang hangat. Tak hanya para peserta saja yang dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar, para pengunjung yang hadir juga disuguhkan pameran kuliner dan kerajinan tangan dari UKM lokal serta hiburan berupa musik lokal dan tarian tradisional.

“Saya sangat berterimakasih kepada JAPFA Foundation yang telah mendukung terselenggaranya event ini. Semoga akan mendorong tumbuhnya dan bangkitnya altet lari Nasional,” katanya.

Sementara itu, Head of Japfa Foundation, Andi Prasetyo menambahkan, Lamongan Beach Run 2016 ini diikuti kategori Putra Nasional, Putri Nasional, Putra Pelajar Nasional serta Putri Pelajar Nasional.

"Jumlah peserta yang ikut 2.370 peserta yang terdaftar. Jumlah peserta kategori 5K ada 1.591 orang, dan kategori 10K 897 orang. Dari jumlah peserta mereka bukan hanya dari Lamongan saja, tapi juga dari daerah sekitar, termasuk Tuban, Bojonegoro, Jombang, Mojokerto, Gresik, Surabaya dan sekitarnya. Bahkan juga ada peserta dari Jakarta, Solo,Yogyakarta, Salatiga ini di dalamnya termasuk ribuan pelari pelajar dan pelari nasional. Ada atlet nasional dari beberapa provinsi itu dari kelas pelajar," sambungnya.

Lebih lanjut, Andi mengaku belum puas dengan jumlah peserta yang tak sampai menyentuh angka 3000 peserta. "Peserta itu masih kurang, harusnya masyarakat lebih antusias dan kita bisa mengakomodir jumlah peserta yang ada," ujarnya

Ia berharap, pada tahun-tahun berikutnya jumlah peserta melonjak pada lomba lari maraton yang sedianya akan menjadi even tahunan di Lamongan.

"Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi dan tahun depan bisa mengajak pihak-pihak terkait dan pihak yang memang ingin memajukan Lamongan," inginnya.

Dalam kejuaraan ini, dua kategori 5K umum dan 10K pelajar, putra-putri Lamongan berhasil mendominasi dengan keluar sebagai juara.

Juara 5K umum putri secara berurutan disabet Andiva Putri, Nirinda Dwi, Nur Isnawati dan di kelompok putra, Sudiyanto keluar sebagai yang terbaik disusul, Nandar, dan Syafiur Rahman di tempat kedua dan ketiga.

Sementara di kategori 10K pelajar putri, Sevila Tsalasa Rizki menjadi yang terbaik, diikuti Ismatus Saniyah, Arina Iklil.

Sedangkan di kategori pelajar 10K putra M. Akhirudin Jamil keluar sebagai yang terbaik, menyusul di tempat kedua dan ketiga Rahman Farhan, dan Ahmad Sofiyan. (dri)
Labels: #atlet daerah, #JAPFA Lamongan Beach Run 2016, #prestasi, olahraga

Thanks for reading Gali Potensi Atlet Daerah, 2.370 Peserta Ikuti Japfa Lamongan Beach Run2016. Please share...!

Back To Top