Tekan Investasi Ilegal, OJK Regional IV Jatim Bentuk Satgas Waspada Investasi

PASURUAN (IndonesiaTerkini.com)- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IV Jatim berencana membentuk Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi di wilayah Jawa Timur (Jatim). Hal ini bertujuan untuk menekan tindak kejahatan investasi ilegal atau bodong, sehingga kerugian masyarakat bisa diminimalisirkan sekaligus pelakunya bisa lebih mudah diproses hukum.

Kepala OJK Regional IV Jawa Timur, Sukamto mengatakan kehadiran satgas di Jatim diharapkan mampu menekan tindakan kejahatan investasi bodong di wilayah Jatim, dan memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam berinvestasi.

"Kami melibatkan berbagai instansi dalam pembentukan satgas ini, dan rencananya akan dibentuk di bulan ini, yakni September 2016," ujarnya di sela acara Edukasi Wartawan di Hotel Senyiur Pasuruan, Jumat (2/9/2016).

Di Jatim, OJK akan menggandeng beberapa instansi seperti Dinas Koperasi dan UMKM, Badan Penanaman Modal, Kepolisian, Kejaksaan hingga Kantor Wilayah Departemen Agama.

Menurutnya, setelah dibentuk, satgas akan langsung bekerja memilah beberapa laporan masyarakat Jatim yang telah masuk ke OJK, dan meneruskan ke instansi penegak hukum untuk menindaklanjuti beberapa perusahaan investasi yang diduga bodong.

Sukamto memaparkan, sampai Juni 2016 total perusahaan investasi yang dilaporkan dan dipertanyakanan masyarakat ke OJK sebanyak 430 perusahaan.

Dari jumlah itu, terdapat 374 perusahaan yang menawarkan investasi keuangan seperti emas, forex, e-money, e-commerce, investasi haji dan umroh, sedangkan sisanya sebanyak 56 perusahaan memberikan tawaran berupa properti, tanaman, komoditas dan perkebunan.

"Setelah dilakukan penelitian, seluruh perusahaan yang menawarkan investasi itu tidak satu pun yang terdaftar di OJK. Dan dari jumlah tersebut terdapat 388 tawaran yang sama sekali tidak memiliki kejelasan izin beroperasi," ujarnya.

Sementara total pengaduan masyarakat yang masuk ke OJK Jatim hingga Juli 2016 mencapai sekitar 500 pengaduan.

"Beberapa yang sudah ditindak diantaranya Balicon, QSAR, Cipaganti, PT Dua Belas Suku, Wondermind, Mitra Tiara Larantuka. Sedangkan yang saat ini sedang disidik adalah Deam4Freedom dan Koperasi Pandawa," tutupnya. (dri)
Labels: Ekonomi, investasi ilegal, Satgas waspada investasi

Thanks for reading Tekan Investasi Ilegal, OJK Regional IV Jatim Bentuk Satgas Waspada Investasi. Please share...!

Back To Top