Disbudpar Provinsi Jatim Gelar Seni Budaya Bertajuk 'Gelar Pesona JawaTimur'

Sukatno, Kepala UPT Taman Budaya Jatim di sela-sela press conference Disbudpar Provinsi Jatim gelar seni budaya bertajuk 'Gelar Pesona Jawa Timur' di gedung Cak Durasim Surabaya, Sabtu (21/1/2017)

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jatim akan menggelar berbagai kegiatan seni budaya sepanjang tahun 2017 di berbagai daerah jawa timur bertajuk 'Gelar Pesona Jawa Timur'.

Kepala Disbudpar Jatim Jarianto melalui Kepala UPT Taman Budaya Jatim Sukatno mengatakan, ada 5 penampil kesenian budaya dari  Banyuwangi, Trenggalek, Ponorogo, Bojonegoro dan Surabaya. Kenapa kami memilih 5 kesenian ini, karena merata kami ambilnya baik dari sisi Utara, Selatan, Timur dan Barat.

"Untuk kabupaten Banyuwangi menampilkan tari Sidem Waito Puyengan, Trenggalek dengan tarian Turonggo Yakso, Reog Ponorogo, tari Api Kahyangan dari Bojonegoro serta Surabaya menampilkan Jirolu Jazz dari STKW Wilwatikta," ujarnya, di Gedung Cak Durasim, Sabtu (21/1/2017).

Sementara itu, Heri Lentho yang menjadi koreografer dalam kegiatan ini mengaku jika festival seni dan budaya Jatim 2017 karena akan digelar merata.

“Setiap minggunya, akan ada kegiatan seni dan budaya di Jatim secara merata. Bahkan, terbaru yaitu kami hadirkan gelar pesona budaya dan pariwisata Bawean,” kata Heri Lentho.

Untuk penampilan nanti malam, tarian Api Kahyangan menceritakan tentang kekuatan tempat tersebut yang berada di Kabupaten Bojonegoro.

Di tempat Api Kahyangan tersebut yang kini menjadi tempat wisatawan digambarkan dalam tarian sebagai tempat ritus (upacara red) untuk membuat tayub semakin muda dan cantik.

“Selain itu, di Api Kahyangan tempat empu juga membuat keris pada jaman dahulu,” tutupnya. (dri)
Labels: Travel

Thanks for readingDisbudpar Provinsi Jatim Gelar Seni Budaya Bertajuk 'Gelar Pesona JawaTimur'. Please share...!

Back To Top