Pengukuhan GenBI Jawa Timur 2017

Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Pengukuhan GenBI Jawa Timur Tahun 2017 sekaligus Launching Buku GenBI Jawa Timur Menulis: Bank Indonesia Dalam Cerita, Selasa, 23 Mei 2017

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Pengukuhan GenBI Jawa Timur Tahun 2017 sekaligus Launching Buku GenBI Jawa Timur Menulis: Bank Indonesia Dalam Cerita. Acara dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah, dan dihadiri oleh 11 (sebelas) Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Timur serta seluruh mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia tahun 2017 se Jawa Timur.

“GenBI (Generasi Baru Indonesia) Provinsi Jawa Timur merupakan komunitas penerima Beasiswa Bank Indonesia yang berasal dari 11 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu Universitas Airlangga Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Jember, Institut Agama Islam Negeri Jember dan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Jumlah penerima beasiswa Bank Indonesia se Jawa Timur tahun ini sebanyak 380 orang dengan total beasiswa yang diberikan mencapai Rp3,6 Milyar,” ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah.

Sebagai upaya Bank Indonesia untuk mengembangkan generasi muda melalui komunitas GenBI Jawa Timur, telah dilakukan sejumlah kegiatan dalam rangka meningkatkan kompetensi softskill maupun aksi sosial di lingkungan masyarakat. Salah satunya adalah workshop  penulisan komunitas GenBI se Jawa Timur sehingga menghasilkan puluhan tulisan opini tentang Bank Indonesia yang dibukukan dalam GenBI Jawa Timur Menulis : Bank Indonesia dalam Cerita. Buku tersebut merupakan buku kedua karya GenBI Jawa Timur.

Dalam buku yang dilaunching langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, GenBI se Jawa Timur mengulas peran dan fungsi Bank Indonesia selaku Bank Sentral. Mulai dari pengelolaan uang rupiah, penerapan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), pengenalan Financial Technology (Fintech), pengendalian inflasi, pengembangan daerah melalui pemberdayaan UMKM, sampai kontribusi Bank Indonesia terhadap pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Beberapa penulis pun mengajak para pembaca agar lebih mengenal mata uang rupiah tahun emisi 2016 serta mencintai mata uang Rupiah.

Selain launching buku, Bank Indonesia Jawa Timur bersama GenBI turut melaunching aplikasi GLUE (GenBI Line Up and Experience). GLUE merupakan aplikasi pertama GenBI berbasis android sebagai sarana komunikasi antar GenBI yang dibangun oleh GenBI Jatim yang berasal dari Institut Teknologi Sepuluh November, Azkaa Khoiruddin dan John Stephanus Peter. Aplikasi GLUE telah tersedia di playstore dan akan menjadi pilot project pengembangan aplikasi pertama GenBI secara nasional.

Pada sesi motivation talk, Ronald Waas, Deputi Gubernur Bank Indonesia periode 2011-2016 bersama Teguh B. Ariwibowo yang merupakan CEO pinjam.co.id memaparkan pengembangan sistem pembayaran di Indonesia dan aplikasi start up yang semakin menjamur sebagai bagian dari majunya financial technology di Indonesia. Kedua narasumber pun memberikan motivasi kepada para penerima beasiswa Bank Indonesia yang tergabung dalam komunitas GenBI Jawa Timur agar berkontribusi untuk negeri.

Pengukuhan penerima beasiswa Bank Indonesia sebagai GenBI Jawa Timur diwakili oleh sebelas mahasiswa/i yang mewakili masing-masing PTN yang ditandai dengan penyematan pin GenBI Jawa Timur oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur. Ke depan, Bank Indonesia mengharapkan agar penerima beasiswa Bank Indonesia tahun 2017 yang tergabung dalam komunitas GenBI Jawa Timur dapat memberikan semangat serta memberikan energi dan dedikasi sebagai Generasi Baru Indonesia (GenBI) untuk terlibat di lingkungan, sekaligus menjadi agen komunikasi Bank Indonesia di masyarakat dalam bentuk yang semakin kreatif dan inovatif. (dri)
Labels: #Jawa Timur, BI Jatim, Ekonomi, Genbi

Thanks for reading Pengukuhan GenBI Jawa Timur 2017. Please share...!

Back To Top