Cegah Stroke, Hipertensi, dan Diabetes dengan Suplemen Nutrisi

Para pembicara dalam seminar "Suplementasi Nutrisi L- Arginine dalam Pencegahan dan Penanggulangan Stroke, Penyakit Jantung dan Diabetes" yang dilaksanakan, Sabtu (20/1/2018) di Jakarta, dalam sesi tanya jawab 


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Penyakit-penyakit degeneratif, seperti stroke, hipertensi, dan diabetes mellitus (DM) cenderung meningkat, berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Namun hal itu dapat dicegah dengan mengonsumsi suplemen nutrisi.

Pada 1998, hadiah Nobel diberikan kepada tim periset yang berhasil menemukan peran Nitrogen Monoksida (NO) sebagai molekul sinyal utama yang menjaga sistem kardiovaskular kita agar dapat berfungsi pada tingkat terbaiknya. Tiga peneliti itu adalah Robert F. Furchgott, Louis J. Ignarro, dan Ferid Murad, mengidentifikasi peran NO sebagai molekul sinyal dengan kemampuan untuk membantu meningkatkan komunikasi antar sel-sel dari sistem kardiovaskular, yang merupakan kunci kesehatan jantung jangka panjang.

L-arginine, diubah menjadi NO dalam tubuh dan dapat membantu merelaksasi pembuluh darah dan mengatur kekencangan dan kelenturannya. Hasilnya adalah pengurangan stress pada jantung, perbaikan sirkulasi dan kemampuan untuk menjaga tekanan darah pada kisaran normal.

ProArgi-9+ adalah produk revolusioner mengandung asam amino l-arginine berkualitas farmasi dalam jumlah signifikan, yang mudah diubah menjadi NO oleh tubuh. ProArgi-9+ merupakan suplemen l-arginine dengan kualitas terbaik dunia dan telah masuk dalam Physicians Desk Reference (PDR) edisi 2014 yang merupakan sumber informasi terpercaya dalam hal obat-obatan dan bahan-bahan yang diresepkan oleh ahli medis di seluruh dunia selama 65 tahun.

General Manager PT Synergy WorldWide Indonesia, Erwin Dumalang dalam sambutan pada Seminar Kesehatan bertajuk “Suplementasi Nutrisi L-Arginine: Dalam Pencegahan dan Penanggulangan Stroke, Penyakit Jatung dan Diabetes”. menjelaskan bahwa Synergy WorldWide Indonesia memasarkan suplemen ProArgi-9+ yang telah masuk dalam PDR edisi 2014 hingga PDR 2017.

Dalam kesempatan tersebut Nutrisionis PT Synergy WorldWide Indonesia, Hendri Priadi ketika tampil sebagai salah satu pembicara dengan topik “ProArgi 9+ ,Nutrisi L-Arginine dengan Kualitas Farmasi” menjelaskan bahwa ProArgi-9+ diformulasikan secara cermat oleh pakar peneliti l-arginine dan ahli kardiovaskular.

Hendri menambahkan, ProArgi-9+ dibuat dari bahan baku yang bersumber dari pemasok yang telah lulus persyaratan dan serangkaian pengujian kualitas yang ketat melalui proses audit oleh Synergy dengan total 247 tes sepanjang proses produksi ProArgi-9+, ditambah 15 tes yang berbeda sebelum menerima cap pesertujuan akhir. Ini dilakukan agar Anda mendapatkan yang terbaik, karena fokus kami hanya satu yaitu: kesehatan Anda.

Lebih lanjut, Hendri menjelaskan manfaat ProArgi-9+. Menurut Hendri manfaaatnya beragam yaitu membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular, membantu melancarkan dan meningkatkan aliran darah ke organ vital, membantu menjaga tekanan darah pada kisaran normal, membantu mengurangi peradangan dan pembentukan plak pada pembuluh darah serta membantu menjaga kekentalan darah, membantu memerangi efek negative penuaan dini kardiovaskular.

Selain itu, ProArgi-9+ juga bermanfaat untuk membantu memberikan manfaat anti-penuaan, membantu kinerja seksual yang sehat, membantu menurunkan lemak tubuh, membantu menjaga kadar gula darah yang sehat serta membantu meningkatkan energi.

Pembicara seminar lainnya adalah: Prof Dr. dr. Rusdi Lamsudin Sp.S (K) M.Med.Sc: “Manfaat L-Arginine untuk Mencegah terjadinya Stroke Infark dan Therapi Stroke Infark” . Dr. Badai Bhatara Tiksnadi, MM.Sp.JP:“Peran L-Arginine untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah” Dr. Dyah Tunjungsari, Sp.S: “Peranan L-Arginine dalam Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Neurodegeneratif”

Prof Dr. dr. Rusdi Lamsudin Sp.S (K) M.Med.Sc, Guru Besar di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dalam paparannya soal manfaat L-Arginine mengatakan banyak penelitian sejak tahun 2006 lalu membuktikan bahwa suplemen ini bisa mencegah dan mengurangi stroke. Jika sudah terjadi stroke, itu pun menurut Prof Rusdi manfaatnya cukup tinggi.

Prof Rusdi yang juga mantan Ketua Bidang Penelitian PERDOSSI tahun 2001-2006 menambahkan adanya NO yang diproduksi oleh sel endotelium bermanfaat untuk mencegah terjadinya stroke dan penyakit vascular lainnya.

Menurut Prof Rusdi l-arginine yang didalam tubuh menjadi NO mulai dipopulerkan di Indonesia dan dia menyarankan kepada pasien untuk mengonsumsi dengan dosis yang tepat sesuai dengan petunjuk yakni 4-6 gram/hari.

Sementara Dr Badai Bhatara Tiksnadi, MM, SpJP, Dosen di Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Unpad Bandung dan pembicara di berbagai seminar tentang kardiovaskular, mengatakan l-arginine telah memiliki bukti secara ilmiah dalam memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah, pada kasus hipertensi, kadar kolesterol, obesitas, resistensi insulin, penyakit jantung koroner, penyakit arteri perifer dan gagal jantung.

Lebih lanjut Dr Badai mengatakan l-arginine memiliki peranan dalam meningkatkan NO yang berpotensi sangat besar dalam pencegahan dan pengobatan penyakit jantung dan pembuluh darah. dr Lady Dhita Alfara M.Gizi Sp.GK, spesialis gizi dalam memaparkan materi peran l-arginine sebagai suplementasi dalam terapi nutrisi berbagai penyakit degenerative mengatakan terapi nutrisi pada penyakit degenerative dilakukan dengan memenuhi kebutuhan makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) mikronutrien (vitamin dan mineral), nutrient spesifik (omega 3, arginin, glutamin).

Dr Lady menegaskan suplementasi arginin diperlukan pada kondisi tertentu. Menurut dr Lady, berbagai penelitian menggambarkan perbaikan beberapa parameter, dengan dosis rendah arginin, rentang waktu paling lama selama 6 bulan.

Menurut dr Lady suplementasi arginine dapat diberikan dalam bentuk kombinasi dengan zat aktif lain, dan dapat memberikan efek yang menguntungkan. Dr Dyah Tunjungsari, Sp.S, yang juga aktif di Perdossi menjelaskan bahwa peran l-arginine baik untuk kesehatan sistem saraf (neuroprotection) namun masih perlu penelitian lebih lanjut di dalam menangani penyakit neurodegenerative. (sd)
Labels: Kesehatan

Thanks for reading Cegah Stroke, Hipertensi, dan Diabetes dengan Suplemen Nutrisi. Please share...!

Back To Top