Gaet Pengunjung, Beragam Acara Akan Digelar di 3 Candi

Peluncuran Kalender Acara di Candi Borobodur, Candi Prambanan, Candi dan Ratu Boko tahun 2018 yang dilakukan PT Taman Wisata candi sebagai pengelola taman wisata candi di Jawa Tengah dan Yogyakarta. 


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Berbagai agenda agar peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke berbagai candi bisa meningkat di tahun 2018 sedang disiapkan PT Taman Wisata Candi (PT TWC), selaku pengelola  Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Ini dilakukan seiring makin gencarnya pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata (Kempar) dalam menggelorakan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Melalui peluncuran kalender acara tahun 2018, PT TWC sebagai pengelola beberapa candi itu berharap wisatawan yang datang akan bisa menikmati beragam suguhan menarik saat melakukan kunjungan wisata ke berbagai candi.

"Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya dari wisatawan mancanegara, kami pengelola Taman Wisata Candi akan menyelenggarakan berbagai acara di sepanjang tahun 2018 entah itu acara budaya, kegamaan, sport tourism, seni dan berbagai acara lainnya. Ini yang akan kita jual kepada wisatawan agar saat datang dan berkunjung ke Borobudur atau Prambanan atau Candi Ratu Boko, dapat menyaksikan beragam atraksi yang ditampilkan," jelas Edy Setijono, Direktur Utama PT TWC, saat menggelar Konferensi Pers di Kementrian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2018).

Ditambahkan Edy, penyelenggaraan berbagai event yang sifatnya lokal, nasional dan internasional itu digelar sebagai bentuk pelayanan terbaik bagi wisatawan lokal dan Internasional.

"Pengembangan lingkungan cagar budaya dan pariwista yang selaras dengan pelestarian warisan budaya bangsa akan membuat bangsa Indonesia dihargai dan dihormati bangsa lain yang menganggap bangsa kita menghargai warisan leluhurnya. TWC juga melakukan upaya-upaya untuk menjaga dan melestarikannya. Maka itu beberapa event yang kita gelar itu sebagaian memang merupakan penerusan tradisi masyarakat dalam menghormati beberapa candi," tuturnya.

Dari berbagai event yang digelar, akan diselenggarakan berbagai event seperti peringatan hari Waisak Internasional yang dipusatkan di Candi Borobudur yang merupakan candi umat Budha terbesar di dunia. Selain itu akan ada pula acara ruwatan yang diberinama "Ruwat-Rawat Borobudur 2018" yang akan dimulai mulai 6 April 2018 mendatang.

Ada pula event olahraga seperti Borobudur 10k dan 5K bagi para pencinta olahraga lari yang merupakan event internasional. Selain itu akan ada Borobudur International Borobudur Symphony, International World Heritage Confrence, Borobudur Cultural Feast 3, dan Borobudur Nite.

Di Candi Prambanan akan ada acara seperti Prambanan Jazz, Prambanan International Yoga Day, National Bird Contest, Ratu Boko Festival, Tour de Prambanan disepanjangan tahun 2018 yang sayang bila dilewatkan. (ym)
Labels: Travel

Thanks for reading Gaet Pengunjung, Beragam Acara Akan Digelar di 3 Candi. Please share...!

Back To Top