Herma Prabayanti: Ada Cerita Dibalik Setiap Karya Batik Serat Budoyo

Fashion Show Batik Serat Budoyo di One Icon Resident, Mall Tunjungan Plaza Surabaya, Jumat (26/1/2018)

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Batik adalah seni melukis diatas kain menggunakan kain canting. Tertarik akan hal itu, Herma Prabayanti, Penggiat batik yang juga pemilik outlet Serat Budoyo, menciptakan kain batik yang tidak hanya menawan jika dipakai. Tapi, ada cerita di balik setiap kain yang dia ciptakan.

Herma ingin batik yang dia produksi tidak hanya bisa memukau penggunanya, tapi juga menceritakan cerita yang ada di dalamnya. ’’Jadi, konsep batik yang saya tawarkan ini bukan digambar, melainkan ditulis,” katanya di sela memamerkan hasil karyanya di One Icon Resident yang terletak di mall Tunjungan Plaza, Jumat (26/1/2018).

Namun demikian, cerita yang ingin dia tuangkan adalah seni pewayangan. ’’Memang, edisi kali ini saya masih konsen ke wayang. Tapi, mungkin ke depan ada lebih banyak lagi,” lanjutnya.

Untuk desain, Herma sengaja memilih kebaya. Namun, dia memodifikasi kebaya tersebut agar bisa dipakai juga untuk para remaja.

"Untuk inspirasi desain model baju kebayakan dari penelitian atau riset, adaptasi dari sana-sini baik dari literatur dan sosmed. Sehingga terbentuklah desain seperti itu. Harganya sangat bervariatif, mulai dari Rp 200 ribu ini yang menggunkan pewarna kimia hingga Rp 3 jutaan yang menggunakan pewarna alami namun tetap asli batik tulis buka printing," tutup perempuan kelahiran 1983 yang bekerja disebuah media televisi. (dri)
Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Herma Prabayanti: Ada Cerita Dibalik Setiap Karya Batik Serat Budoyo. Please share...!

Back To Top