SMART Gandeng AKPINDO Kembangkan Edukasi Kuliner

Memorandum of Understanding antara Akademi Pariwisata Indonesia dan SMART Tbk untuk edukasi kuliner


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Sektor pariwisata diharapkan menjadi salah satu primadona untuk andalan meraup devisa negara. Sektor ini diharapkan mampu meraup devisa hingga US$ 20,4 miliar atau sekitar Rp 273,91 triliun, naik 21,43 % dari tahun 2017, yaitu sekitar US$16,8 miliar atau Rp 225,58 triliun. Geliat sektor Pariwisata di tanah air, direspon Akademi Pariwisata Indonesia (AKPINDO) dengan menggandeng stakeholder lainnya, untuk turut serta berpartisipasi memajukan pendidikan kuliner, sekaligus mendukung perkembangan sektor pariwisata di Indonesia. Kerjasama itu diimplementasikan dengan program pemberian dukungan edukasi dan pengetahuan serta bahan pendukung perkuliahan bagi mahasiswa dengan salah satu perusahaan sawit nasional, yakni Sinar Mas Agribusiness and Food, melalui entitas usahanya PT SMART Tbk.

Menurut Narayana Kusuma Widjaja, Head of Indonesia Industrial and Export, Sinar Mas Agribusiness and Food, kerjasama ini merupakan salah satu upaya untuk memajukan pendidikan kuliner di Tanah Air, sehingga mendukung majunya pariwisata. Diakui Narayana, kerjasama di bidang pendidikan kuliner dengan APKINDO ini merupakan yang ketiga dengan sekolah/akademi pariwisata/kuliner. Sebelumnya, SMART melakukan kerjasama dengan Akademi Pariwisata Majapahit (Surabaya) pada Maret 2017 dan Bali Culinary Pastry School (Bali) pada April 2017.

Selain itu, melalui edukasi para mahasiswa juga akan mampu mendorong citra positif produk turunan kelapa sawit lokal. Hal itu dinilai penting agar mahasiswa terutama jurusan pariwisata dan kuliner memperoleh informasi dan edukasi yang tepat mengenai kelapa sawit Indonesia. Apalagi, para mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi pusat riset perusahaan yaitu SMART Global Research and Development Center yang berlokasi di Marunda untuk melakukan pengelitian dan pengembangan produk. Salah satunya adalah pembaharuan formula terhadap produk-produk kami dengan menghilangkan lemak trans (trans-fat free) tanpa mengorbankan mutu produk.

Menurut Muhamad Arsyad, S.Sos, MM, Direktur AKPINDO, pemberian bahan pendukung perkuliahan dari Sinar Mas Agribusiness and Food akan membantu siswa didik AKPINDO sekaligus menjadi bahan edukasi tentang keunggulan produk Indonesia, terutama produk Sinar Mas Agribusiness and Food. Para dosen dan siswa juga akan senang diberi kesempatan untuk berkunjung ke SMART Global Research and Development Center dan berbagi ilmu pengetahuan dengan para chef yang ada di perusahaan.

Arsyad menambahkan, ilmu pengetahuan dan product knowledge itu akan menjadi bekal yang cukup berharga bagi sekitar 800 siswa diploma 3 dan 100 siswa diploma 1 di AKPINDO. Terlebih lagi, saat para siswa menjalani on the job training di hotel-hotel bintang lima di Jakarta. APKINDO sudah menjalin kerjasama drengan seluruh hotel bintang lima di Jakarta, seperti JW Marriot, Ritz Charlton, Grand HyatTt, Four Season, dan Raffles. “Bekal product knowledge dan pengetahuan ini akan menjadi tambahan ilmu saat para siswa berada di dunia kerja.

MoU ini dilakukan oleh Muhamad Arsyad, S.Sos, MM, Direktur AKPINDO, dan Narayana Kusuma Widjaja, Head of Indonesia Industrial and Export Sinar Mas Agribusiness and Food, di Kampus AKPINDO. Dalam program kerjasama ini, Sinar Mas Agribusiness and Food akan memberikan (memasok) produk-produk olahan minyak sawit berkualitas tinggi perusahaan dengan merek FILMA, Palmboom, I-Soc untuk mendukung mata kuliah Pastry, International Bakery, dan Cake Decoration. (sd)
Labels: Pendidikan

Thanks for readingSMART Gandeng AKPINDO Kembangkan Edukasi Kuliner. Please share...!

Back To Top