Gaikindo Sebut Penjualan Truk Naik Signifikan

Konferensi pers pelaksanaan GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, di Jakarta, 6 Februari 2018

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Penjualan kendaraan komersial jenis truk mulai menunjukkan tren peningkatan yang signifikan di sepanjang tahun 2017 lalu.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohanes Nangoi memaparkan, angka penjualannya mencapai lebih dari 80.000 unit, meningkat hingga 45 persen dibandingkan penjualan di 2016.

"Pertumbuhan penjualan truk memang cukup signifikan. Indikasinya kalau kendaraan komersial mulai tumbuh, berarti perekonomian Indonesia mulai merangkak naik. Kalau kita lihat di industri batu bara dan kelapa sawit memang mulai naik lagi, sehingga memberi tren positif bagi penjualan truk," kata Yohanes Nangoi, di acara konferensi pers GIICOMVEC 2018, Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Meskipun menunjukkan tren naik, menurut Yohanes, capaian penjualan kendaraan truk ini belum sebaik di tahun 2013-2014. Ketika itu angkanya mencapai sekitar 115.000 unit selama setahun. "Penjualan kendaraan komersial memang drop dalam beberapa tahun terakhir. Di tahun 2013 sampai 2014 sempat mencapai angka 115.000 unit, kemudian mulai terpuruk seiring dengan merosotnya industri pertambangan dan kelapa sawit. Bahkan anjloknya sampai di bawah 60.000 unit," papar Yohanes.

Untuk menggairahkan kembali pasar kendaraan komersial, Gaikindo mulai tahun ini akan menghadirkan Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC), sebuah pameran berkonsep business to business (B2B) yang fokus pada industri kendaraan komersial. Untuk tahun ini, pameran perdana tersebut akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 1-4 Maret 2018. "Dengan adanya pameran GIICOMVEC yang rencananya akan kita adakan setiap dua tahun sekali ini, harapannya penjualan kendaraan komersial bisa semakin meningkat, setidaknya bisa menyamai pencapaian di 2013 dan 2014," harap Nangoi. (sd)
Labels: Otomotif

Thanks for readingGaikindo Sebut Penjualan Truk Naik Signifikan. Please share...!

Back To Top