Pos Indonesia Luncurkan Prangko Seri Asian Games 2018

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Kepala Regional 4 Jakarta PT Pos Indonesia Pupung Purnama meluncurkan prangko seri Asian Games 2018 di Gedung Pos Ibu Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Februari 2018


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Kepala Regional 4 Jakarta PT Pos Indonesia Pupung Purnama meluncurkan prangko seri Asian Games 2018 di Gedung Pos Ibu Kota, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2018).

"Prangko bisa dijadikan pesan kebangsaan bahwa Asian Games 2018 adalah acara milik seluruh rakyat Indonesia. Saya berharap dengan adanya prangko ini kita bisa mengampanyekan bahwa event besar Asian Games adalah event bangsa Indonesia bukan milik Jakarta dan Palembang saja," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku sejak Sekolah Menengah Pertama hobi mengumpulkan prangko (filatelis) yang berasal dari berbagai negara. Menurutnya prangko bisa menjadi pemantik dan bahan pembelajaran bagi anak-anak dan juga sebagai koleksi berharga yang semakin lama akan semakin bernilai. "Ini adalah pemantik pembelajaran bagi anak-anak, keluarga dan warga Jakarta. Mudah-mudahan nanti bisa dimanfaatkan dengan baik prangko ini," ujarnya.

Anies juga membuka kenangan indahnya saat menjadi mahasiswa dan menunggu pak pos datang mengirimkan surat. Saat itu Ia adalah mahasiswa penerima beasiswa jadi sangat bergantung dengan surat yang datang. "Saya selalu deg-degan menunggu suara motor khas pak pos yang warna orange itu, nasib saya saat itu tergantung dengan surat yang saya terima," beber Anies.

Kepala Regional 4 Jakarta Pos Indonesia Pupung Purnama pada kesempatan yang sama mengatakan, Pos Indonesia mendukung pemerintah menyukseskan ajang pesta olahraga empat tahunan dan terbesar di Asia dengan meluncurkan Prangko Seri Menyambut Asian Games 18th 2018 yang secara resmi diterbitkan pada tanggal 18 Januari 2018. "Sebagai perusahaan negara kami juga ikut mendukung penyelenggaraan Asian Games ke-18 dengan mempromosikannya melalui penerbitan prangko seri Asian Games 2018. Asian Games 2018 Energy of Asia," ujar Pupung.

Dalam penerbitan ini terdapat empat jenis benda filateli yang bisa didapatkan. Pertama adalah minisheet dengan harga Rp 54.000 yang dicetak sebanyak 40.000 set. Kedua suvenir sheet dengan harga Rp 30.000 dan dicetak sebanyak 15.000 set. Untuk Sampul Hari Pertama (SHP) seharga dicetak sebanyak 1.500 set dengan harga Rp 37.000 dan kemasan edisi khusus dicetak 2.000 set dengan harga Rp 125.000.

Pupung mengatakan, ada 11 dari 42 cabang olahraga yang ditampilkan dalam penerbitan ini, dengan perincian minisheet dengan cabang olahraga renang, sepakbola, badminton, renang indah, basket, wushu, judo, berkuda dan atletik. Kemudian souvenir sheet untuk dua cabang olahraga yakni pencak silat dan bola voli. "Minisheet, souvenir sheet dan Sampul Hari Pertama dapat diperoleh di setiap kantor pos besar di seluruh Indonesia. Sedangkan kemasan edisi khusus hanya bisa diperoleh di Jakarta dan Palembang," jelas Pupung.

Pupung menjelaskan, isi dari kemasan edisi khusus tersebut pertama adalah Kemasan Edisi Khusus #JAKARTA, Souvenir Sheet Reguler #Jakarta, Souvenir Sheet Imperf #Palembang, Prisma Edisi Khusus #Jakarta, Koin Edisi Khusus #Jakarta. Kedua, Kemasan Edisi Khusus #PALEMBANG, Souvenir Sheet Reguler #Palembang, Souvenir Sheet Imperf #Jakarta, Prisma Edisi Khusus #Palembang Koin Edisi Khusus #Palembang.

Selama 18 kali pagelaran Asian Games, PT Pos Indonesia telah menerbitkan sebanyak lima perangko seri Asian Games. Pertama pada tahun 1951 Asian Games di India,1962 di Indonesia, 1994 di Jepang, kemudian pada tahun 1998 di Thailand, dan pada tahun 2018 saat Indonesia kembali menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for readingPos Indonesia Luncurkan Prangko Seri Asian Games 2018 . Please share...!

Back To Top