Alibaba Cloud Operasikan Data Center Pertama di Indonesia

Peresmian data center Alibaba Cloud di Jakarta yang digelar di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, 15 Maret 2018


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Perusahaan komputasi awan (cloud) milik Alibaba Group, Alibaba Cloud, mengumumkan telah beroperasinya data center pertama mereka di Indonesia. Data center ini merupakan platform cloud publik global pertama di Indonesia yang menyediakan pilihan lokal bagi pelaku bisnis di Indonesia, terutama pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan startup.

General Manager Alibaba Cloud untuk Asia Pasifik, Alex Li, menerangkan, rangkaian produk dan layanan komputasi awan yang dihadirkan oleh pihaknya telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Bila ada permintaan-permintaan khusus juga akan disesuaikan. Selain itu, dalam pengoperasiannya, Alibaba Cloud juga dibantu oleh tim lokal, sehingga bisa membantu memberikan layanan dalam bahasa Indonesia.

"Sebagai satu-satunya penyedia layanan cloud global yang berasal dari Asia, Alibaba Cloud memiliki posisi yang unik dalam hal pemahaman budaya dan konteks di wilayah ini, sehingga kami dapat menyediakan solusi data intelligence dan kemampuan komputerisasi yang inovatif bagi semua pelanggan di wilayah ini," kata Alex Li, di acara pengumuman beroperasinya data center Alibaba Cloud, di Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Menurut Alex Li, rangkaian produk dan layanan komputasi awan yang dihadirkan data center milik Alibaba Cloud mulai dari elastic computing, layanan database, jaringan, keamanan, dan middleware untuk analisis data dan big data.

Selain itu, layanan big data 'MaxCompute' yang dimiliki Alibaba Cloud, juga menyediakan layanan data intelligence yang canggih seperti mengolah data, menganalisis, dan machine learning untuk memberdayakan inovasi dan transformasi bisnis yang didorong oleh data. "Solusi ini, bisa memenuhi kebutuhan perusahaan lokal dari berbagai industri, mulai dari e-Commerce, media, teknologi finansial, gaming, logistik, transportasi, dan manufaktur," kata Alex Li.

Alibaba Cloud sebelumnya telah membantu beberapa perusahaan internet di Indonesia untuk berinovasi dengan komputasi awan, di antaranya Tokopedia, GTech Digital Asia, Dwidaya Tour, dan Yogrt.

Khusus untuk Tokopedia, salah satu marketplace online terbesar di Indonesia, saat ini mengoperasikan lebih dari 20 aplikasi utama dan berbagai layanannya di Alibaba Cloud. Perusahaan ini juga menggunakan solusi AI Alibaba Cloud untuk menambah wawasan mereka dari sekian banyak data agar pelanggan mendapatkan pengalaman bertransaksi yang lebih baik.

Alibaba Cloud berdiri sejak tahun 2009. Dengan dibukanya data center di Indonesia, Alibaba Cloud kini telah memiliki total 18 data center yang tersebar di seluruh dunia. (sd)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Alibaba Cloud Operasikan Data Center Pertama di Indonesia. Please share...!

Back To Top