Astra Gelar Satu Indonesia Award ke-9

Penerima Satu Indonesia Award 2017 Anjani Sekar Arum yang melestarikan Batik Bantengan dengan para dewan juri


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Astra kembali menggelar ajang pencarian dan pembinaan talenta-talenta muda Indonesia yang memiliki inovasi untuk melakukan perubahan di masyarakat, Satu Indonesia Award 2018.

Program yang telah dilaksanakan untuk yang ke-9 kalinya ini merupakan cara Astra dalam memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober. Mekanismenya,  Astra akan menjaring kandidat-kandidat yang memiliki potensi dalam pemberdayaan masyarakat untuk kemudian diberikan bantuan senilai Rp60 juta dan pembinaan.

Sampai saat ini tercatat sudah ada 121 penerima beasiswa sejak dimulainya acara pada  2010 lalu, dengan rincian 46 orang penerima beasiswa Satu Indonesia Award level nasional dan 75 lainnya untuk tingkat provinsi. Adapun kategori bidang inovasi yang diprioritaskan  meliputi kesehatan, pendidikan, lingkungan, wirausaha, teknologi, dan kelompok.

Tidak hanya fokus pada pemberian insentif untuk para pemenang, dikatakan Boy Kelana Soebroto, Head of Corporate Communication PT Astra International, pihaknya juga melakukan pembinaan untuk kesinambungan program inovasi para pemenang di masyarakat. “Kami mencoba membuat program mereka berkesinambungan. Kami ingin para innovator ini tumbuh dan berkembang di daerahnya ataupun daerah-daerah lain,” ujar Boy.

Nantinya, mereka akan menjadi pionir dalam mengembangkan daerah mereka dan daerah lain. para finalis nantinya akan bersinergi dengan program CSR Kampung berseri Astra di 72 kampung atau dengan para pemenang lain untuk mengembangkan idenya  di daerahnya dan daerah lain, sehingga cakupannya lebih luas. “Bentuk sinerginya, misalnya Maharani penerima SIA 2014 yang melestraikan pohon gaharu di Nusa Tenggara Barat. Nah, kami membeli bibit Gaharu dari sana dan kemudian disebarkan ke daerah-daerah lain sambil diedukasi bagimana nilai ekonomi dari gaharu ini,” kata Boy.

Sejak peluncurannya pada 2010, jumlah pendaftar yang mengikuti program ini naik hampir 310% atau dengan rata-rata kenaikan jumlah pendaftar pertahun mencapai 55%. Program ini telah berhasil menarik 120 orang pendaftar pada tahun pertama diluncurkan. Targetnya, Astra akan menjaring 125 ribu penerima manfaat beasiswa dalam pelaksanaan Satu Indonesia Award ke depan.

Dewan juri Satu Indonesia Award 2018 terdiri dari Prof Emil Salim, Prof Nila Moeloek, Prof Fasli Jalal, Ir Tri Mumpuni, Onno W Purbo Ph.d, dan juri tamu Nadiem Makarim. (ym)
Labels: CSR

Thanks for reading Astra Gelar Satu Indonesia Award ke-9. Please share...!

Back To Top