Dubes Arab Saudi ke UNAIR Bahas Potensi Kerja Sama


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Duta Besar The Kingdom of Saudi Arabia di Indonesia mengunjungi Universitas Airlangga Jum’at siang (9/3/2018). Dalam lawatan tersebut, menjadi pimpinan delegasi adalah H. E. Mr. Osamah Mohammed Al-Shuibi, turut serta Dr. Mohammed S. Haqqi dan Mr. Issom Bibsait. Dalam pertemuan itu, berbagai potensi bidang kerja sama dibahas, terutama terkait dengan riset dan pendidikan tinggi.

H. E. Mr. Osamah mengungkapkan, pemerintah maupun Kerajaan Arab Saudi sangat mendukung prinsip-prinsip kolaborasi maupun kerja sama ke arah kebaikan bersama. Khususnya soal pendidikan. "Ini dibuktikan, sebelumnya digelar kerja sama dengan tujuh universitas di Indonesia,” ungkapnya di lantai 4, Kantor Manajemen UNAIR.

Baik riset maupun pertukaran ahli bidang, lanjut dia, bakal dilakukan. Misalnya, soal kesehatan dan masalah-masalah umum di setiap negara. H. E. Mr. Osamah menjelaskan, ada beberapa penyakit yang tidak ada di Arab. Karena itu, kolaborasi tersebut diperlukan dalam upaya bersama-sama mencari solusi serta meningkatkan kualitas ahli di kampus masing-masing.

Hadir dalam pertemuan itu sejumlah dekan dan direktur di lingkungan UNAIR. Setiap di antara mereka berkesempatan menyampaikan hal terkait potensi bidang kerja sama. Salah satunya diutarakan dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR Prof., Dr., Dian Agustia SE., M.Si., Ak.

”Kami memiliki program studi ekonomi Islam,” ujarnya. ”Kerja sama terkait dengan itu diharapakan ke depan dapat segera terjalin,” imbuhnya.

Ditemui sejumlah awak media, Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih SE., M.T., Ak., CMA., mengaku menyambut baik penjajakan tersebut. Kesempatan itu bakal dioptimalkan sebagai upaya meningkatkan pendidikan dan kualitas UNAIR.

”Selama ini, kita (UNAIR, Red) telah menjalin kerja sama ke wilayah Asia Timur, Jepang, Taiwan. Juga ke kawasan Eropa. Ini ada kesempatan kita penjajakan kerja sama ke wilayah Asia Timur,” ujarnya.

”Yang jelas ini adalah suatu hal yang sangat baik. Pertukaran ahli bidang, mahasiswa, dan staf dalam upaya meningkatkan kualitas masing-masing. Dengan kelebihannya masing-masing,” tambahnya.

Selain membahas potensi bidang kerja sama dengan sivitas UNAIR, H. E. Mr. Osamah Mohammed memberikan kuliah tamu kepada sejumlah dosen dan mahasiswa. Seputar pendidikan tinggi di Arab Saudi disampaikan di Aula Garuda Mukti, Lantai 5, Kantor Manajemen UNAIR. Khususnya soal upaya besar-besaran pemerintah dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Yakni, dengan akreditasi.

”Pendidikan merupakan nadi dari sebuah kemajuan pada masa depan. Karena itu, dukungan pemerintah di dunia pendidikan sangat tinggi,” ujarnya. ”Bahkan, riset-riset kolaboratif serta pertukaran ahli dari setiap negara terus didorong. Semoga kerja sama ini dapat segera direalisasikan,” tutupnya. (dri)
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Dubes Arab Saudi ke UNAIR Bahas Potensi Kerja Sama. Please share...!

Back To Top