Informasi Rahasia di Balik Kode Angka dalam NIK

Diskusi publik tentang Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi, di Perpustakaan Nasional, 13 Maret 2018


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Saat melakukan registrasi kartu prabayar, beberapa data yang harus dimasukkan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Bukan sekedar barisan angka-angka, rupanya ada banyak informasi yang tersimpan di balik NIK tersebut.

Koordinator SAFEnet, Damar Juniaro mengatakan, pada setiap nomor NIK, domisili dan tanggal lahir pemiliknya bisa dengan mudah diketahui. Sebagai contoh dari NIK 31-02-01-44-03-91-0312, untuk angka 31 merupakan Kode Provinsi, 02 Kode Kabupaten/Kota, 01 Kode Kecamatan, 44 Tanggal Lahir, 03 Bulan Lahir, 91 Tahun Lahir, dan 0312 merupakan Nomor Komputerisasi.

Dikarenakan tidak ada kode jenis kelamin dalam NIK, maka untuk penduduk perempuan ditambahkan angka 40 pada tanggal lahirnya. Jadi apabila seorang perempuan lahir tanggal 10, maka kodenya adalah 10+40 yaitu 50.

Sementara itu pada KK, data-data yang bisa didapatkan di antaranya NIK anggota keluarga lain, Nama Ibu Kandung, Tempat dan Tanggal Lahir, Pendidikan, Pekerjaan, dan juga Status Perkawinan. "Ketika data-data ini diproses, kita bisa memperoleh banyak informasi dari pemilik NIK dan KK tersebut," kata Damar Juniaro, di acara diskusi publik tentang Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi, di Perpustakaan Nasional, Selasa (13/3/2018).

Melihat banyaknya informasi yang bisa didapatkan dari pemberian nomor NIK dan KK saat registrasi kartu prabayar, menurut Damar, di samping nilai guna dari registrasi menggunakan NIK dan KK pada SIM card yang mengarah pada National Single Identity System, pembuat kebijakan juga harus mencermati beberapa aspek, seperti aspek keamanan data, mitigasi, dan perlindungan.

"Sebelum menerapkan regulasi registrasi SIM card, pembuat kebijakan seharusnya perlu memperhatikan praktik pengambilan data warga oleh pihak jasa keuangan dan telekomunikasi, menjelaskan apa bentuk mitigasi bila terjadi leak atau security breach, serta apa saja bentuk perlindungan data sensitif," tutur Damar. (sd)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Informasi Rahasia di Balik Kode Angka dalam NIK. Please share...!

Back To Top