PPKK UNAIR Gelar Airlangga Campus Recruitment 2018

Sejumlah pelamar mengantre di depan salah satu stan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Airlangga Campus Recruitment 2018 pada Selasa (6/3/2018)


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan (PPKK) UNAIR menggelar Airlangga Campus Recruitment 2018. Mereka terdiri atas lulusan terbaru serta penempuh tugas akhir, mahasiswa menjelang lulus.

Sebanyak 24 perusahaan hadir untuk menjaring potensi-potensi tenaga kerja dari UNAIR. Perusahaan tersebut meliputi bidang perbankan, konstruksi, industri, pendidikan, dan jasa. Para peserta telah menyambut di depan pintu masuk ACC sejak seremonial pembukaan digelar. Sementara itu, stan BUMN bidang perbankan tampak diminati banyak peserta. Bahkan, sesi registrasi dan input data online menimbulkan tiga lajur antrean.

Mewakili PPKK, Tubiyono, S. S., M. Hum., mengungkapkan bahwa ACR 2018 merupakan kegiatan rutin rekrutmen karir UNAIR yang kali pertama pada 2018. Kali ini kegiatan tersebut digelar secara mini, hanya sehari pada Selasa (6/3/2018).

“Ini sebagai penjembatan antara mahasiswa yang sudah lulus maupun menjelang lulus dan perusahaan perusahaan multinasional. Terutama untuk lulusan UNAIR,” ujarnya. ”Ada beberapa perusahaan yang membuka stan di sini. Ada BUMN dan swasta,” imbuhnya.
Kepada para mahasiswa, Tubiyono berharap kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. Selain itu, para mahasiswa diimbau untuk aktif mengikuti pelatihan karir oleh UNAIR melalui PPKK. Seperti pelatihan soft skill maupun kewirausahaan.

“Kesempatan menjadi mahasiswa mesti dimanfaatkan dengan baik. Asah karakter, soft skill, dan kemampuan di luar akademik. Berikutnya, manfaatkan sekaligus optimalkan kesempatan yang tersedia,” jelasnya.

Sementara itu, Prof. Ir. Moch. Amin Alamsjah, M. Si., Ph.D., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa rekrutmen paling tidak harus membutuhkan tiga hal. Yakni, kemampuan, kemauan, dan kesempatan. "Tiga hal ini akan membawa kita pada kandidat yang benar-benar berkualitas. Yang sangat kita kehendaki,” sebutnya.

Kesesuaian antara potensi dan tempat berkarya atau kerja dapat membuat seseorang kian berkembang. Karena itu, lanjut dia, ke depan UNAIR membuat program rekrutmen pada satu tahun sebelum mahasiswa lulus. Jadi, potensi dapat digali dan dilihat dengan baik.

"Sebagai contoh di Jepang, rekrutmen tenaga kerja sudah diawali pada setahun mahasiswa mau lulus. Track record-nya sejak semester VII dilihat. IPK-nya, team work, dan soft skill. Pada akhirnya, kriteria mencarai SDM yang terbaik dan sesuai dengan yang diinginkan perusahaan mampu terpenuhi," ungkapnya.

"Ini ke depan bisa saja dilakukan, antara perusahaan dan universitas. Dan, semoga kerja sama ini terus dapat terjalin dengan baik," imbuhnya. (dri)
Labels: Pendidikan

Thanks for reading PPKK UNAIR Gelar Airlangga Campus Recruitment 2018. Please share...!

Back To Top