Resmi Diluncurkan, Maker Fest Dorong Kreator Lokal Naik Kelas

Peluncuran gerakan independen Maker Fest 2018, di Jakarta, 16 Maret 2018


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Gerakan independen untuk memberdayakan kreator lokal yang diberi nama 'Maker Fest' resmi diluncurkan di Jakarta. Gerakan ini hadir untuk mencari, mengedukasi, menginspirasi, dan memberikan panggung offline dan online bagi para kreator lokal untuk mengembangkan ide usaha kreatif mereka, hingga bisa menjadi brand masa depan Indonesia yang mendunia.

Chairman Maker Fest 2018, William Tanuwijaya menyampaikan, kelahiran ajang yang akan menjadi program tahunan ini, terinspirasi oleh hasil karya para kreator lokal di seluruh Indonesia. Dalam perjalanannya membangun Tokopedia, William banyak menyaksikan perjalanan para kreator Indonesia dengan visi dan misi serta produk yang bagus, namun sayangnya mentok hanya di level UMKM.

"Saya yakin sebenarnya dengan ekosistem yang tepat, para kreator lokal dapat berkembang dari usaha kecil menjadi industri, dan dari industri menjadi menjadi brand masa depan Indonesia yang mendunia," kata William, di acara peluncuran Maker Fest, di Jakarta, Jumat (16/3/2018).

Untuk membangun ekosistem yang tepat tersebut, lanjut William, Maker Fest hadir menjadi panggung penghubung dari para pemangku kepentingan terkait di mana para maker, platform marketplace, logistik, perbankan, investor, dan pemerintah berkolaborasi mewujudkan cita-cita besar ini bersama.

Karenanya, gerakan ini juga berkolaborasi dengan Tokopedia, dan didukung oleh institusi pemerintah sekaligus pelaku Industri Indonesia. Meski diselenggarakan bersama Tokopedia, William menegaskan Maker Fest inklusif dan terbuka bagi seluruh kreator lokal di Indonesia yang memiliki passion untuk mengembangkan diri dan produknya.

Rangkaian Maker Fest yang terdiri dari berbagi workshop, sharing session dan kompetisi ini akan diselenggarakan di delapan kota pada April - Desember 2018 di Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Di setiap kota juga akan dilaksanakan Local Maker Competition 2018, kompetisi berkreasi untuk para kreator lokal yang ingin mengenalkan dan mengembangkan bisnisnya.

Pemenang dari setiap kota akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti Festival Maker Fest 2018 di Jakarta. Tiga juara terbaik Local Maker Competition 2018 akan mendapatkan reward masing-masing sebesar Rp 1 miliar, Rp 300 juta, dan Rp 200 juta sebagai modal untuk mengembangkan usahanya. Pemenang juga akan mendapatkan reward lainnya, seperti berkesempatan berpartisipasi dalam pameran internasional dan mengakses jalur distribusi ke ritel internasional. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Resmi Diluncurkan, Maker Fest Dorong Kreator Lokal Naik Kelas. Please share...!

Back To Top