Samsung Rilis Aplikasi Relumino untuk Penderita Low Vision

Samsung meluncurkan Aplikasi Relumino untuk Penderita Low Vision


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Menurut laporan dari World Health Organization (WHO) pada Oktober 2017, sekitar 253 juta orang mengalami gangguan penglihatan dan sebanyak 86 persen mengidap low vision. C-Lab yang merupakan program inkubator dari Samsung, membuat aplikasi visual mereka bernama Relúmĭno, dimana aplikasi yang membutuhkan Gear VR ini membantu pengidap gangguan penglihatan (low vision) melihat gambar lebih jelas saat mereka membaca buku atau melihat objek.

Relúmĭno sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “Menyala Kembali”, merupakan aplikasi yang membantu penglihatan dengan mengoptimalkan Gear VR dalam penggunaannya. Pengguna smartphone Samsung dengan model Galaxy S8, dan S8+, serta Note 8, S9, dan S9+ dapat mengunduh aplikasi Relúmĭno secara gratis di Oculus Store dengan dukungan untuk bahasa Inggris dan Korea. Aplikasi Relúmĭno bekerja dengan cara memproses gambar dari video yang diproyeksikan melalui kamera belakang smartphone dan membuat gambar menjadi lebih jelas.

Kemampuan Relúmĭno’s telah dibuktikan melalui penelitian klinis. Pada tahun 2017, Samsung bermitra dengan Professor Moon Nam Ju di Department of Ophthalmology of Chung-Ang University Hospital yang melibatkan Relúmĭno’s sebagai percobaan klinis. Hasilpenelitian tersebut menunjukkan Lebih dari 97% penderita gangguan penglihatan (low vision) mengalami perbaikan penglihatan yang signifikan dalam jarak pendek, menengah, dan jauh saat menggunakan perangkan Relúmĭno melalui Samsung Gear VR.

"Perangkat tersebut membantu penderita low vision yang memiliki maksimum 0.1(20/200) penglihatan meningkat hingga 0.8 (20/25) penglihatan yang terkoreksi,” ujar Moon Nam Ju.

Dolly Surya Wisaka, Content Service Manager Samsung Electronic Indonesia mengatakan aplikasi ini bisa diunduh gratis oleh pengguna smartphone Samsung. "Ada suara pemandu yang bisa membantu penggunanya untuk memasang dan memakai aplikasi ini," jelas Dolly. Untuk perangkat Gear VR-nya akan dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 1,49 juta. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Samsung Rilis Aplikasi Relumino untuk Penderita Low Vision. Please share...!

Back To Top