Festival Maksaira 2018 Diikuti 3.000 Peserta Memancing

Festival Maksaira 2018. ( Foto: Istimewa )


MALUKU UTARA (IndonesiaTerkini.com)- Pemerintah Kabupaten Sula, Maluku Utara  resmi membuka Festival Maksaira 2018 untuk menggenjot pariwisata. Event pariwisata bahari yang berupa lomba memancing ikan kerapu tersebut diikuti oleh lebih dari 3.000 peserta yang berasal dari warga kepulauan Sula dan juga wisatawan dari dalam dan luar negeri yang kebetulan berkunjung ke Kepulauan Sula.

Pembukaan Maksaira 2018 yan g digelar di titik antara Pantai Wai Pa hingga Desa Bajo itu dilakukan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Hendrata Thes di Pantai Wai Pa, Sanana, Kabupaten Sula, MalukuUtara, Minggu (15/4/2018) siang.

"Hari ini kegiatan memancing ikan kerapu ini diikuti oleh 3.041 orang dengan melibatkan penduduk dari 47 desa dan juga wisatawan yang kebetulan berada di sini. Armada tangkap yang digunakan ada 1.177 unit yang terdiri dari 713 unit sampan, 125 unit ketinting, 79 unit long boat, 284 unit fiber, dan 12 unit jiob. Pemenangnya adalah orang yang mendapat ikan kerapu terbanyak di mana para pemenangnya akan mendapatkan perahu motor yang badan dan bahannya dari fiber lengkap dengan mesinnya. Kalau ditotal angkanya bisa mencapai Rp 40-50 jutaan (harga kapal berbahan fiber lengkap dengan mesinnya)," ungkap Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara itu.

Ditambahkan Bupati, kegiatan yang sudah diselenggarakan sebanyak tiga kali ini untuk tahun ini memang berbeda dengan Festival Maksaira tahun sebelumnya. Di mana dua kali penyelenggaraan sebelumnya Festival Maksaira adalah membakar ikan bersama-sama yang diikuti warga sepanjang 15 kilometer.

"Berbeda dengan kegiatan sebelumnya di mana warga di sini membakar ikan secara bersama-sama sepanjang 15 kilometer, sedangkan tahun ini temanya kita ubah dengan lomba memancing ikan kerapu yang memang banyak di sini. Untuk festival ini yang jumlah pesertanya lebih dari 3.000 orang ini akan mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan jumlah lomba memancing terbanyak di mana sebelumnya dipegang oleh Manado yang diikuti 1300-an orang," kata dia.

"Festival ini diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan potensi pariwisata yang Kepulauan Sula yang terletak di Maluku Utara agar dikenal sebagai daerah tujuan wisata bahari yang juga memiliki kekayaan alam dan laut yang juga menarik untuk dikunjungi wisatawanbaik dari dalam dan luar negeri. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula sendiri akan terus membenahi sarana dan prasarana serta akses untuk wisatawan datang ke sini," katanya.

Selain diadakan lomba memancing ikan Kerapu yang diikuti oleh lebih dari 3000-an peserta itu, Festival Maksaira 2018 juga akan dimeriahkan acara hiburan dengan mengundang Putri Indonesia 2018, Sonia Fergina Citra, pedangdut 3 Srigala, Selvi KDI dan Fahrin dari Liga Dangdut Indosiar 2018 yang merupakan kontestan yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Sula. (sd)
Labels: Travel

Thanks for reading Festival Maksaira 2018 Diikuti 3.000 Peserta Memancing. Please share...!

Back To Top