IIMS 2018 Usung Digital untuk Majukan Industri Otomotif


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pertumbuhan industri otomotif Indonesia di Triwulan I tahun 2018 mengalami perkembangan cukup menarik. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan bulan Januari 2018 dibandingkan periode yang sama tahun 2017 mengalami peningkatan sebesar 11,1 %.

Sementara pada Februari 2018, penjualan mengalami defisit 1,50 % dibandingkan pencapaian di periode yang sama tahun sebelumnya. Namun kondisi ini diperkirakan akan kembali meningkat untuk penjualan Maret 2018.

Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo menyatakan bahwa IIMS 2018 siap dilaksanakan. Gairah peserta IIMS 2018 yang terdiri dari Agen Pemegang Merk (APM), penggiat industri komponen aftermarket, dan peserta lainnya juga terlihat dari beragam persiapan yang dilakukan.

“Persiapan penyelenggaraan IIMS 2018 sudah mencapai tahap final. Sampai dengan hari ini, seluruh hall sudah terisi oleh peserta yang terdiri dari puluhan merek mobil dan motor, dan brand aftermarket,” ujarnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, IIMS 2018 melakukan inovasi mutakhir untuk menyesuaikan era digital yang sedang berkembang. Inovasi tersebut ada pada pembelian tiket digital yang dapat dibeli di Bukalapak, kemudian ditukarkan dengan wristband. Pengunjung yang menggunakan wristband memiliki kesempatan untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan poin tersebut dapat ditukarkan dengan beragam hadiah menarik.

IIMS 2018 menghadirkan terobosan baru dengan menyediakan tiket Infinite Experience, yaitu tiket terusan yang berlaku selama 11 hari penyelenggaraan pameran. Pengunjung dengan tiket ini berhak mendapatkan privilege seperti jalur khusus pembelian tiket, priority seats pada shuttle bus dan dapat menikmati berbagai fasilitas yang terdapat di IIMS Infinite Lounge.  Tiket terusan ini ditawarkan dengan harga Rp 300 ribu.

Teknologi terkini tidak hanya pada pembelian tiket. Di area Center Piece of Carni, pengunjung dapat menikmati photo 360. Bagi pengunjung yang membeli tiket Infinite Experience, berhak menikmati akses free WiFi di seputar area IIMS 2018. Selain itu, terdapat pula area 3D Art.

Tahun ini, IIMS didukung penuh oleh Bukalapak. Terobosan dalam pembelian tiket digital melalui aplikasi Bukalapak menjadikan IIMS 2018 sebagai pionir dalam pengaplikasian teknologi digital di pameran otomotif di Indonesia. Bayu Syerli, Vice President Marketing Bukalapak, mengatakan,  pihaknya memberikan kemudahan kepada pengunjung untuk mendapatkan produk di PAHAMI Village selama IIMS 2018 berlangsung. Dengan membuka aplikasi Bukalapak, pengunjung cukup memindai QR Code pada produk yang diminati. Kemudian pilih metode ‘Ambil Sendiri/Pick-up’ dan dilanjutkan ke mode pembayaran. Setelah pembayaran dilakukan, pembeli akan mendapatkan kode pembayaran dan ditunjukkan kepada penjual untuk mengambil produk yang dibeli.

“Inovasi melalui aplikasi Bukalapak sangat memudahkan pengunjung untuk membeli produk yang diminati. Inilah terobosan terbaru dari kami untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan IIMS 2018. Keuntungan lain dari adanya aplikasi ini adalah pengunjung tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah besar. Sehingga lebih menguntungkan dan memberikan kenyamanan kepada pengunjung IIMS 2018,”jelasnya.

Bukalapak juga akan terlibat dalam beberapa kegiatan IIMS 2018 seperti Buka Musik di IIMS Stage, Buka Kontes untuk kontes audio yang melibatkan 5 asosiasi audio dunia, Buka Transfusi untuk kegiatan CSR, Lapak Bermain yaitu program edukasi berkendara bagi anak berusia 6-12 tahun, dan Buka Talenta untuk pemilihan Miss Motor Show. (sd)
Labels: Otomotif

Thanks for reading IIMS 2018 Usung Digital untuk Majukan Industri Otomotif. Please share...!

Back To Top