Kiat Khong Guan Tingkatkan Kompetensi Pemasaran SMK

Khong Guan bersama Kemendikbud gelar kompetisi untuk pelajar SMK


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia (Khong Guan) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar program kompetisi tenaga penjualan dan pelatihan penjualan nasional yang diberi tajuk Khong Guan SMK Jago Jualan 2018.

Tommy Hartono, National Sales Manager Khong Guan, menyebutkan program yang digelar untuk ketiga kalinya ini dijadikan ajang bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari jurusan Pemasaran dan Bisnis untuk berkompetisi dalam mempraktikkan penjualan yang inovatif untuk menjual beragam varian biskuit Khong Guan di daerahnya.

Dedy Budiman, Penanggung Jawab Program SMK Jago Jualan 2018, mengemukakan pihaknya bersama Kemendikbud berupaya meningkatkan kompetensi bagi siswa dan siswi SMK di bidang pemasaran. “Maka program realisasi pemasaran secara komprehensif dengan menggandeng pelaku bisnis pada dunia nyata ini dirancang dan dibuat,” jelas Dedy Budiman, Penanggung Jawab Program SMK Jago Jualan 2018 di Jakarta, (9/4/2018).

Menurut Yuliati Sri Nurhidayati, Kepala Seksi Kerjasama Industri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah sekolah SMK sekitar 13.800 dan jumlah siswa jurusan pemasaran dan bisnis di SMK mencapai 1,1 juta orang. Setiap tahun, jumlah siswa yang lulus di jurusan tersebut sekitar 400 ribu siswa.

"Tujuan SMK adalah menghasilkan lulusan yang siap pakai. Bagi jurusan pemasaran maka salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah di bidang pemasaran. Karena itu kami bekerja sama dengan pelaku usaha, salah satunya Khong Guan, untuk bisa meningkatkan kompetensi pemasaran para lulusan SMK,” jelas Yuliati.

Adapun selama proses pendaftaran yang digelar pada 14 Februari-10 Maret 2018 di smkjagojualan.com telah terjaring 242 tim atau kelompok yang masing-masingnya terdiri dari 10 pelajar SMK dari 23 kota se-Indonesia. Dalam melaksanakan program ini tim panitia yang terdiri dari para mentor akan melaksanakan sosialisasi program ke SMK-SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran pada 23 kota di Indonesia untuk memberikan penjelasan singkat kepada para siswa mengenai teknik penjualan.

Selain itu, selama masa kompetisi ini, peserta akan terus dibekali dengan pelatihan di kelas digital (online class)  serta pendampingan oleh masing-masing mentor di setiap kota untuk memberikan strategi mengenai pemasaran dan penjualan. Kompetisi Khong Guan SMK Jago Jualan 2018 ini terbagi menjadi 3 tahap dan pelaksanaan babak final diselenggarakan di Jakarta pada 12 Agustus 2018. Khong Guan menyediakan hadiah utama sebesar jutaan rupiah untuk para tim pemenang, guru pembimbing, mentor bisnis dan sekolahnya. (sd)
Labels: CSR

Thanks for reading Kiat Khong Guan Tingkatkan Kompetensi Pemasaran SMK. Please share...!

Back To Top