Foton Motor dan Piaggio Group Patungan Buat Kendaraan Niaga

Foton Motor dan Piaggio Grouo patungan buat kendaraan niaga


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Foton Motor, salah satu produsen otomotif China  dan Piaggio Group--produsen motor Italia-patungan membuat proyek kendaraan niaga ringan baru di Italia.

Perjanjian ini ditandatangani bersama oleh Wakil Presiden Foton Motor Group dan CEO Foton Internasional,  Chang Rui, dan Ketua dan CEO Piaggio,  Roberto Colaninno. Selain Italia, rencananya kendaraan niaga tersebut juga dikhususkan untuk pasar Eropa

Kerja sama antara Foton Motor dan Piaggio Group telah dimulai sejak 2016 lalu. Pasar Eropa adalah sektor penting untuk pasar global produk Foton Motor. Proyek pengembangan produk baru dengan Piaggio Group kali ini bukan hanya solusi strategis dari diversifikasi global Foton tetapi juga menunjukkan resolusi Foton untuk perluasan pasar Eropa. Sedangkan Piaggio Group adalah pabrikan sepeda motor terbesar di Eropa. Volume dan penjualan produk Piaggio terutama sepeda motor, menduduki peringkat pertama di pasar Eropa.

Sebagai produsen kendaraan komersial pertama di China, Foton Motor telah memproduksi berbagai kendaraan niaga seperti truk menengah dan berat (heavy duty) , truk ringan, VAN, pickup, dan bus. Selain dengan Piaggio, Foton Motor telah  menjalin usaha patungan dengan produsen otomotif lainnya, seperti Daimler, Cummins, dan ZF, dan memiliki lebih dari 1.000 jaringan penjualan dan layanan untuk cakupan dari 110 negara di dunia.

Kerja sama antara Foton dan Piaggio Group kali ini adalah tonggak penting untuk perluasan bersama pasar mobil Eropa bagi kedua pihak. Dengan kerjasama ini, Piaggio Group dapat meningkatkan penjualan kendaraan komersial di pasar Eropa. Produk kendaraan niaga baru untuk pasar Eropa didasarkan pada platform produk truk mini yang ada di Foton Motor, mewarisi keunggulan mini-truk Foton Motor dalam hal kualitas produk, kenyamanan, dan irit bahan bakar.

Di masa depan, kedua belah pihak akan  mengembangkan kendaraan listrik baru dengan sistem interkoneksi cerdas dan, jika sesuai, memasuki pasar Timur Tengah, Asia Tenggara, Amerika Tengah dan Selatan, dan Afrika. "Varian produk otomotif yang dikembangkan akan diluncurkan secara bertahap mulai dari 2020 lewat jaringan distribusi yang mengedepankan kepuasan pelanggan," tulis perwakilan PT Piaggio Indonesia dalam keterangan resmi, Senin (28/5/2018).

Kolaborasi Sino-Eropa membuktikan bahwa Foton Motor tidak hanya menawarkan sistem manufaktur yang terkemuka di dunia tetapi juga menggabungkan lini produk yang kaya dan kemampuan pengembangan global. Kerja sama ini merupakan satu langkah kecil bagi Foton Motor untuk terus melaksanakan strategi globalisasi untuk pasar Eropa dan juga merupakan lompatan besar terhadap output teknologi yang didukung oleh "Made-in-China 2025". (sd)
Labels: Otomotif

Thanks for reading Foton Motor dan Piaggio Group Patungan Buat Kendaraan Niaga. Please share...!

Back To Top