Garuda-Sriwijaya Jalin Kerjasama Rute Penerbangan

Garuda Indonesia Group (Garuda Indonesia dan Citilink) dan Sriwijaya Group (Sriwijaya dan NAM Air) menandatangani kerja sama komersial "codeshare" dalam rangka memperkuat kerja sama "network khususnya" di wilayah domestik, Rabu, 16 Mei 2018


TANGERANG (IndonesiaTerkini.com)- Garuda Indonesia Group (Garuda Indonesia dan Citilink) dan Sriwijaya Group (Sriwijaya dan NAM Air) menandatangani kerja sama komersial codeshare dalam rangka memperkuat kerja sama network khususnya di wilayah domestik. Kerja sama ini dijalin juga demi mendorong industri pariwisata nasional guna mencapai target 17 juta pengunjung di tahun ini.

“Partnership ini adalah cara kami mengembangkan jaringan karena tidak semua tempat bisa dikembangkan sendiri oleh masing-masing maskapai. Indonesia negara kepulauan yang luas dan punya keterbatasan dari sisi fleet. Kami memiliki 202 fleet, 144 Garuda Indonesia dan sisanya Citilink, namun ada keterbatasan,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury, Rabu (16/5/2018).

Kerja sama ini, kata Pahala, akan semakin memperluas jaringan penerbangan Garuda Indonesia dan memperbanyak destinasi baru khususnya di domestik. “Kerja sama ini selain akan memperkuat jaringan dari kedua maskapai juga akan meningkatkan market share, mengingat masih banyak kota-kota yang memiliki pertumbuhan penumpang cukup potensial namun belum dijangkau oleh penerbangan Garuda Indonesia. Untuk itu dengan adanya kerja sama dengan Sriwijaya Group diharapkan dapat lebih meningkatkan profitability kami,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama Sriwijawa Group Chandra Lie menyampaikan bahwa kerja sama ini menjadi suatu catatan sejarah dalam dunia jasa penerbangan di Indonesia, karena ada dua kekuatan maskapai besar yang bersinergi untuk membangun negeri. “Ada 87 rute yang sama, yang tidak sama 104, jadi masyarakat bisa menikmati 104 rute yang berbeda,” ungkapnya.

Direktur Komersial Sriwijaya Air Grup Toto Nursatyo menambahkan, codeshare ini sebenarnya umum dilakukan pada penerbangan internasional, namun di domestik ini spesial karena masing-masing berdiri sendiri. Sriwijaya Grup sendiri saat ini memiliki 56 fleet.

“Tim sudah ada, kita harapkan dua bulan sudah jalan karena sudah ada rute yang bisa dipakai oleh pelanggan,” ujar Toto.

Perjanjian kerja sama codeshare dua grup maskapai yang menguasai 52 persen pangsa pasar industri penerbangan domestik ini pada tahap awal ini dilaksanakan melalui dua skema yang saling menguntungkan yaitu Skema Perjanjian Special Prorate Agreement (SPA) dan Codeshare Agreement. Ke depannya, pembukaan rute-rute pada agreement tersebut akan dibagi dalam beberapa fase dan terkait harganya juga akan diatur lebih lanjut, dengan harga yang lebih murah.

Adapun detail kerja sama ini meliputi kerja sama Codeshare atau SPA di rute-rute yang hanya diterbangi oleh salah satu maskapai (Garuda Indonesia sebagai maskapai yang mengoperasikan atau Sriwijaya sebagai maskapai yang mengoperasikan). Sebagai contoh, Yogyakarta-Palembang yang dioperasikan oleh Sriwijaya dapat dipasarkan oleh Garuda Indonesia atau sebaliknya.

Lalu, kerja sama codeshare dengan mengombinasikan penerbangan yang dimiliki oleh kedua maskapai. Contoh, Rute Jakarta - Sampit via Semarang, Jakarta - Semarang (dioperasikan oleh Garuda), Semarang - Sampit (dioperasikan oleh Sriwijaya), Rute Jakarta - Alor via Kupang, Jakarta - Kupang (dioperasikan oleh Garuda), Kupang - Alor (dioperasikan oleh Sriwijaya).

Melalui kerja sama tersebut, Garuda Indonesia atau Citilink akan menempatkan nomor penerbangan (flight number) pada penerbangan yang dikerjasamakan (codeshare) dengan Sriwijaya atau NAM Air dan sebaliknya Sriwijaya atau NAM Air juga akan menempatkan nomor penerbangnya pada penerbangan yang dikerjasamakan dengan Garuda Indonesia atau Citilink. (ym)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Garuda-Sriwijaya Jalin Kerjasama Rute Penerbangan. Please share...!

Back To Top