Jaringan Indosat Ooredoo Siap Sambut Ramadan dan Idul Fitri

Jaringan Indosat Ooredoo siap sambut Ramadan dan Idul Fitri


SEMARANG (IndonesiaTerkini.com)- Persiapan menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri dilakukan PT Indosat Ooredoo Tbk (Indosat) di setiap jalur padat mudik. Setelah melakukan uji jaringannya di Lampung Sumatera, Indosat melanjutkan uji tes jaringannya di Jawa Tengah terutama di tiga kota yang dikenal padat pengguna yaitu Semarang, Demak dan Kudus.

Indosat menyadari layanan telekomunikasi menjadi salah satu kebutuhan penting yang harus tetap terjaga kualitasnya sepanjang Ramadan dan hari raya Idul Fitri. Peningkatan kapasitas jaringan, memantau kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (iNOC), Command Center jaringan serta menyediakan paket khusus Ramadan dan Lebaran pun dilakukan Indosat demi memenuhi kepuasan pelanggan.

“Kegiatan uji jaringan di salah satu jalur mudik dan kota tujuan mudik di Jawa Tengah, yaitu jalur Semarang-Demak-Kudus dilakukan untuk menunjukkan secara langsung kondisi kualitas dan kecepatan akses data yang bisa dinikmati pelanggan, khususnya selama Ramadan di jalur Pantura terpadat tersebut,” kata Umar Hadi, Group Head Network Indosat Ooredoo yang juga Ketua Festival Lebaran 2018.  Ia menyebut setidaknya terjadi lonjakan penggunaan jaringan Indosat sepanjang Ramadan hingga Idul Fitri.

Karenanya pihaknya harus memastikan meski terjadi peningkatan kepadatan trafik telekomunikasi tetap terjaga kualitasnya sehingga kenyaman pelanggan tidak terganggu. Indosat menyiapkan kapasitasnya baik untuk data, suara maupun SMS. Untuk layanan data ditingkatkan menjadi 11.394 Teranyte per hari. Kapasitas suara ditingkatkan menjadi 37,49 juta erlang per hari sedangkan kapasitas SMS ditingkatan menjadi 1,01 miliar SMS per hari.

Yusuf Setiawan, Division Head NSAS Optimization Indosat Ooredoo, menuturkan, kenaikan penggunaan data Indosat mencapai 83.7% dibanding tahun lalu saat Ramadan dan Idul Fitri. “Melalui iONC sebagai pusat monitoring jaringan secara intensif kami kawal terus kualitasnya, juga dipantau melalui Command Center yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa mudik,” terangnya. Juga didukung tim Perfomance Monitoring dan Service Center guna mengidentifikasi masalah pelanggan secara pro aktif ketika mereka mengalami masalah dapat segera diselesaikan.

Untuk memmbuktikan kesiapan jaringan di sepanjang jalur dan kota mudik, Indosat  melakukan uji jaringan di kota dan jalur mudik Semarang-Demak-Kudus. Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Semarang, Demak dan Kudus merupakan tiga kota tujuan mudik padat di Jawa Tengah, di mana jalur yang menghubungkan ketiga kota tersebut merupakan bagian dari jalur Pantura yang juga menjadi jalur mudik padat di pesisir utara Jawa Tengah menuju Jawa Timur. Ketiga kota juga memiliki berbagai obyek wisata religius yang menjadi tujuan wisata selama masa Ramadan dan Lebaran.

Dalam uji jaringan tersebut, diperoleh coverage 4G secara kontinyu di sepanjang rute Semarang-Demak-Kudus. Selain itu juga dicoba berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan seperti download, live streaming, YouTube, dan video call. Dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Dalam kegiatan ini kecepatan maksimal download mencapai 39.74 Mbps dengan rata-rata kecepatan download  8.09 Mbps. Khusus di beberapa titik keramaian kota tujuan mudik diperoleh kecepatan download hingga 107.70 Mbps (Simpang Lima Semarang),  86.98 Mbps (Masjid Agung Demak), 97.17 Mbps (Museum Kretek Kudus).

Selama uji jaringan Indosat juga dilakukan pengetesan kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 96,83% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor di mana nilai MOS 4-5). Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik. (kon)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Jaringan Indosat Ooredoo Siap Sambut Ramadan dan Idul Fitri. Please share...!

Back To Top