Kempar Luncurkan Program Pesona Wisata Ramadhan

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, saat meluncurkan Pesona Wisata Ramadhan di Jakarta, Sabtu (19/5/2018)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Kementerian Pariwisata (Kempar) berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dengan menggelar berbagai program khusus selama bulan puasa dan lebaran tahun ini, lewat peluncuran program Pesona Wisata Ramadhan.

Menteri Pariwiwsata (Menpar), Arief Yahya, mengatakan, melalui program ini, wisatawan dari berbagai negara akan diajak mengenal dan mengunjungi beberapa obyek wisata di daerah untuk merasakan atmosfer Ramadan di Indonesia.

"Hadirnya bulan suci Ramadan menjadi momen yang sangat tepat untuk memperkenalkan wisatawan dengan berbagai atraksi khas Ramadan seperti wisata kuliner, seni tradisi, hingga event-event yang hanya digelar khusus selama bulan puasa. Selain itu, kami juga akan menawarkan beberapa paket wisata Ramadan ke beberapa destinasi di Indonesia," ungkap Arief Yahya, di Jakarta, Sabtu (195/2018).

Arief mengatakan, tawaran mengunjungi beberapa destinasi wisata religi yang di tawarkan dalam Pesona Wisata Ramadhan tahun ini memang tak lepas dari bagian peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

"Disadari atau tidak, selama bulan Ramadan angka kunjungan wisatawan mancanegara memang menurun angkanya lebih dari 40 persen. Oleh sebab itu, kami mencoba menawarkan paket-paket khusus kepada wisatawan yang memang tidak terlalu sensitif dengan Ramadhan," jelasnya.

Menurut Arief Yahya, program Pesona Wisata Ramadan ini merupakan bentuk diplomasi pariwisata, bukan semata-mata ditujukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia, tapi ada pesan kunci berupa ajakan bagi wisatawan terkait esensi toleransi keragaman agama, filsafat, dan moral melalui nilai-nilai yang terkandung dalam wisata ziarah.

"Indonesia adalah lokasi yang tepat karena memiliki banyak sekali potensi destinasi wisata ziarah dan religi yang tersebar di seluruh provinsi," tandasnya.

Atraksi wisata yang dipromosikan dalam Pesona Wisata Ramadhan ini meliputi wisata ziarah, baik ziarah kubur ke makam, maupun kunjungan ke masjid. Aktivitas yang dilakukan selama wisata ziarah adalah mengunjungi makam-makam Islam kuno, seperti di kawasan pantai timur Sumatera, khususnya Aceh yang memiliki keunikan epitaph (batu nisan) dan epigraph (tulisan pada batu nisan) yang jarang ditemui di lokasi lain di Indonesia.

Selain di Aceh, lokasi makam para Sunan yang lebih dikenal dengan Wali Songo, seperti makam Sunan Gunung Jati (Cirebon), makam Sunan Giri dan Sunan Gresik (Gresik), makam Sunan Ampel (Surabaya), makam Sunan Drajat (Lamongan), makam Sunan Bonang (Tuban), makam Sunan Muria dan Sunan Kudus (Kudus) serta makam Sunan Kalijaga (Demak) juga menjadi destinasi favorit yang ditawarkan untuk dikunjungi dalam Pesona Wisata Ramadan 2018.

Selain mengunjungi makam, wisatawan juga akan diajak untuk mengunjungi tempat ibadah, seperti masjid, yang biasanya lokasinya terletak berdekatan dengan makam-makam Islam kuno.

Selama bulan Ramadan juga akan dilaksanakan event Pesona Khazanah Ramadan Bumi Seribu Masjid, yang digelar sejak tanggal 17 Mei hingga 9 Juni 2018, dengan berbagai rangkaian acara seperti Pesta Buku Islami & Bedah Buku, Pembukaan Pesona Khazanah Ramadhan 2018 dan Tabligh Akbar, Lombok Travel Fair, Festival Dolanan Santri, Nonton Bareng Film Islami, Pameran Khazanah Dunia Islam, hingga 1000 Tabuh Gendang Beleg Rekor Muri bertempat di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Mataram. (sd)
Labels: Travel

Thanks for reading Kempar Luncurkan Program Pesona Wisata Ramadhan. Please share...!

Back To Top