Mahasiswa UK Petra Lakukan Urban Farming dan Reboisasi di Mangrove

Mahasiswa UK Petra melakukan Urban Farming dan Reboisasi di Mangrove


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Tumbuhan mempunyai kegunaan dan manfaat yang banyak bagi keberlangsungan hidup manusia. Namun masalahnya, lahan penghijauan di perkotaan semakin berkurang, banyak yang digunakan untuk area pembangunan. Oleh karena itu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen Petra (UK Petra) memberikan solusi dengan menggelar kegiatan urban farming dan reboisasi. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu di Mangrove Information Center-Wonorejo, jalan Raya Wonorejo no 1, Rungkut, Surabaya.

Mengambil tema Heal the World, kegiatan ini akan diikuti oleh 75 orang mahasiswa UK Petra dari berbagai Program dan Program Studi yang ada di UK Petra.

"Sengaja kami memilih tema ini agar mengingatkan kembali bahwa kita sebagai manusia yang menghuni bumi ini harus berperan aktif dalam menyembuhkan bumi yang makin lama makin kekurangan area hijaunya. Sebagai mahasiswa, harus juga peduli lingkungan dan ikut membawa andil dalam membawa perubahan demi penyembuhan bumi," ungkap Velisa Yulian, Ketua Panitia.

Lalu apa itu urban farming dan reboisasi? Urban farming adalah konsep memindahkan pertanian konvensional ke pertanian perkotaan, yang berbeda ada pada pelaku dan media tanamnya. Jadi urban farming lebih berorientasi pada karakter pelakunya yaitu masyarakat urban sehingga nantinya diharapkan semakin tinggi kesadaran masyarakat urban dalam menjalani gaya hidup sehat. Sedangkan reboisasi adalah penanaman kembali hutan yang telah ditebang (tandus,gundul). Hal ini berguna untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan cara menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat dan ekosistem alam serta mencegah pemanasan global.

Velisa juga mengatakan, seluruh mahasiswa yang telah mendaftar ini akan mengikuti kegiatan selama satu hari penuh di belakang sentra kuliner Mangrove. Awalnya mereka akan mendapatkan penjelasan terlebih dahulu tentang pentingnya kesadaran cinta lingkungan dan penghijauan kota. Kemudian dilanjutkan dengan cara menanam yang baik.

“Dalam urban farming, para mahasiswa ini akan praktek langsung menanam tanaman hias menggunakan media botol mineral bekas. Hal ini sekaligus untuk mengurangi limbah botol yang sulit terurai oleh alam," urai Velisa.

"Saat ini, tak banyak mahasiswa paham mengenai metode reboisasi ini. Penyuluhan akan dilakukan terlebih dahulu kepada para mahasiswa untuk kemudian mereka melakukan aksi menanam bibit tanaman mangrove," tutupnya. (dri)


Labels: Pendidikan

Thanks for reading Mahasiswa UK Petra Lakukan Urban Farming dan Reboisasi di Mangrove. Please share...!

Back To Top