Menhub: LRT Palembang Masuki Tahap Uji Coba

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meninjau persiapan pengiriman kereta Light Rail Transit atau LRT Palembang di PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun, Kamis, 29 Maret 2018


PALEMBANG (IndonesiaTerkini.com)- Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyatakan, pengerjaan konstruksi light rail transit (LRT) Palembang, di Sumatera Selatan (Sumsel) telah tuntas, dan saat ini sedang dilakukan tahap pengujian. LRT senilai Rp 13 triliun tersebut ditargetkan beroperasi mulai Juli 2018.

"Konstruksi sudah selesai semua, termasuk juga rel sudah selesai semua. Sekarang kami menguji lintasan dengan kereta api yang riil," kata Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dalam keterangannya, Sabtu (26/5/2018).

Menurut Budi Karya, kereta LRT Palembang tengah memasuki tahap uji dinamis. Dari laporan yang diterima pihaknya, kereta LRT itu sudah dapat melaju dengan kecepatan 35 kilometer (km) per jam.

"Saat ini, sudah ada dua rangkaian LRT yang tiba di Palembang dan dijadwalkan enam rangkaian lainnya segera menyusul," tambahnya.

Budi Karya memproyeksikan, LRT Palembang beroperasi pada Juli 2018 dan akan mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta serta Palembang mulai 18 Agustus 2018.

"Asian Games adalah salah satu sasaran. Harapannya dari bandara ke arena itu bisa digunakan. Tapi setelah itu kami akan gunakan untuk angkutan massal di Palembang," imbuh Budi Karya.

Terkait tarif LRT Palembang, Budi Karya mengungkapkan, hal tersebut masih dalam tahap finalisasi. Namun, dia memproyeksikan, tarifnya berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per penumpang. "Tarif akan kami finalkan bersama Rektor Universitas Sriwijaya dan pengamat. Kami indikasikan tarifnya Rp 5.000 dan untuk ke bandara Rp 10.000. Namun, apapun akan kami sosialisasikan kepada masyarakat supaya dapat diterima," terangnya. (pr)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Menhub: LRT Palembang Masuki Tahap Uji Coba. Please share...!

Back To Top