Multistrada Bidik Pasar Ekspor ke Korea dan Amerika

Jajaran direksi Multistrada Arah Sarana saat paparan publick di Bursa Efek Indonesia


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Produsen ban PT Multistrada Arah Sarana Tbk. sepanjang tahun 2017 mencatatkan pertumbuhan penjualan di semua lini produk. Tercatat angka penjualan Multistrada sebesar US$ 280,97 juta, tumbuh 22,26% dari periode sebelumnya sebesar US$ 229,8 juta.

Volume penjualan ban passenger car radial dalam merek Achilles, mengalami peningkatan penjualan sebesar 1,2 juta ban atau 19% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dari 6,5 juta ban menjadi 7,7 juta ban. Penjualan ekspor Achiless memberikan kontribusi sebesar 25%.

Peningkatan tersebut terus berlanjut sampai dengan tahun 2018, tercermin dari peningkatan penjualan kuartal I-2018 sebesar 2,1 juta ban, naik 14% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Peningkatan ini diharapkan menjadi momentum yang baik untuk terus meningkatkan penjualan ban perseroan baik di pasar lokal maupun pasar ekspor.

Sedangkan volume penjualan ban sepeda motor yang dikenal dengan merk Corsa juga terus mengalami kenaikan sebesar 0,7 juta ban atau 16% jika dibandingkan tahun 2016 sebesar 4,4 juta ban menjadi 5,2 juta ban di tahun 2017. Peningkatan tersebut terus berlanjut sampai dengan tahun 2018, tercermin dari peningkatan penjualan ban motor kuartal I-2018 sebesar 1,5 juta ban, naik 4% dibandingkan periode sebelumnya

“Tahun kemarin merupakan acuan bagi kami untuk tetap terus tumbuh, di mana tahun 2018 ini dengan tantangan yang masih sama seperti harga jual yang tertekan, persaingan yang ketat dengan kompetitor dan fluktuasi harga karet. Namun kami percaya tahun ini perseroan akan terus mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan,” ungkap Pieter Tanuri, Presiden Direktur Multistrada Arah Sarana dalam paparan publik, (24/5/2018).

Multistrada juga akan memperkuat jaringan distribusinya baik area lokal maupun ekspor. Pada pasar lokal pemasarannya diperkuat dengan langkah-langkah seperti akuisisi Bengkel Oli Servis “BOS” melalui penjualan dan layanan terhadap konsumen serta diperkuat dengan jalinan kerjasama dengan Planet Ban dan Michellin. Sedangkan di pasar ekspor yang merupakan pangsa pasar penyumbang terbesar, perseroan melakukan beberapa terobosan di antaranya terus menggali potensi pasar Korea Selatan dengan memanfaatkan kerjasama yang telah terjalin dengan SK-Network dan pengembangan ekspansi pada pasar Asia Tenggara.

Tak sampai di situ, perseroan tetap akan terus eksplor pasar Amerika dimana pada tahun ini mengalami peningkatan sebesar 62% dengan bantuan kantor perwakilan di sana. Selain itu juga perseroan juga terus mengembangkan produknya dengan menciptakan ukuran baru dalam memenuhi permintaan pasar.

Perseroan akan tetap terus melakukan berbagai inisiatif efisiensi biaya dengan terus menekan biaya produksi sehingga dapat menghasilkan produk berkualitas dengan nilai ekonomis dan dapat bersaing dengan ban keluaran pabrik lainnya. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Multistrada Bidik Pasar Ekspor ke Korea dan Amerika. Please share...!

Back To Top