Museum Kebangkitan Nasional Gelar Festival Kebangkitan Nasional

Festival Kebangkitan Nasional di Museum Kebangkitan Nasional di kawasan Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, Senin 21 Mei 2018


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Untuk mengingatkan kembali masyarakat akan makna kebangkitan nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama Museum Kebangkitan Nasional Festival Kebangkitan Nasional 2018, Senin (21/5/2018). Festival ini digelar untuk kembali mencoba menghadirkan nuansa kebangkitan nasional yang tercetus pada tahun 1908.

Acara ini dipusatkan di museum tempat lahirnya pergerakan Boedi Oetomo dengan diawali oleh upacara bendera dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat dari mulai pmuda, pramuka, paskibra, pegawai negeri sipil, para cucu dan cicit para Penggereak Boedi Oetomo dan elemen masyarakat lainnya.

"Momen ini kita gunakan untuk kembali mengingatkan kebangkitan bangsa ini untuk melawan penjajah yang digagas oleh para pendahulu kita seperti Dr Soetomo, Ir Soekarno, Dr Tjipto Mangunkusumo, Ki Hajar Dewantoro, Douwes Deker dan tokoh pejuang Kebangkitan Nasional lainnya. Untuk masa sekarang memen ini bisa kembali mengingatkan kita tentang kesatuan dan persatuan bangsa yang belakangan tengah bermasalah lantaran adanya beberapa konflik. Melalui momen ini, kita berharap Kebangkitan Nasional yang digagas oleh para pendahulu kita mampu mempersatukan kembali bangsa dan negara ini," tutur Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid saat ditemui di Meseum Kebangkitan Nasional di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat.

Tidak ketinggalan sejumlah acara lainnya seperti pemutaran film sejarah tentang pergerakan nasional, lomba paduan suara, kompetisi film pendek, kompetisi band cover lagu nasional, lomba sketsa, dan kontes fotografi. Hilmar berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan kecintaan generasi muda akan bangsa dan negaranya dan tidak lagi terpecah belah akibat perbedaan pandangan dan perbedaan pemimpinnya.

"Dengan kegiatan ini kita berharap generasi muda tahu darimana bangsa dan negaranya terbentuk Kita juga berharap generasi muda akan mampu memaknai hari kebangkitan nasional ini dalam kehidupan sehari hari masyarakat kita," tandasnya.

Tidak ketinggalan juga akan menghadirkan pagelaran seni dengan akan menghadirkan David Nurbianto dan juga Maliq & D’Essentials sebagai pemuncak kegiatan ini. Acara yang digelar di Museum Kebangkitan Nasional itu juga dibuka untuk umum dan bagi para pengunjung tidak dikenakan biaya (gratis) untuk bisa datang dan berkunjung dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, para pengunjung akan juga bisa mengetahui sejarah perjuangan bangsa dengan bisa berkeliling ke semua sudut Museum Kebangkitan Nasional yang dahulunya dijadikan Sekolah bagi para calon dokter yang didirikan oleh Belanda itu. (sd)
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Museum Kebangkitan Nasional Gelar Festival Kebangkitan Nasional. Please share...!

Back To Top