Supra Boga Lestari Targetkan Laba Bersih Rp40 Miliar

(Ki-Ka) Jajaran direksi PT Supra Boga Lestari, Harman Siswanto (Direktur), Meshvara Kanjaya (Direktur Utama), Suryawanti (Direktur), Maria Suwarni (Direktur) disela-sela RUPS


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Ketika bisnis ritel modern seperti hypermarket dan supermarket mengalami penurunan (negative growth), PT Supra Boga Lestari Tbk -pengelola Ranch Market dan Farmers Market- berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 2,2 triliun, meningkat sebesar 6,1% dari tahun 2016 dan menghasilkan laba tahun berjalan sebesar Rp 37,7 miliar.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Public Expose PT Supra Boga Lestari Tbk (25 Mei) di Double Tree Hotel, Jakarta Pusat. Selain itu, RUPS tersebut juga menghasilkan keputusan penting lainnya, dimana perseroan akan melakukan pembagian dividen tunai kepada pemegang sahamnya dengan nilai total seluruhnya Rp 7,8 miliar atau sebesar Rp 5 setiap saham.

Diakui Meshvara Kanjaya, Direktur Utama Supra Boga Lestari, Ranch Market dan Farmers Market memberikan kontribusi pendapatan bersih masing-masing sebesar 43,1% dan 56,9% sepanjang tahun 2017. "Hingga kuartal I tahun ini, pendapatan masih sesuai target sekitar Rp540 miliar," kata Meshvara.

Bila tahun lalu, Supra Boga Lestari telah membuka 4 toko baru, yaitu Ranch Market di Kota Malang, Farmers Market L’Avenue Pasar Minggu dan Farmers Market Pluit Junction di Jakarta, serta Farmers Market Samarinda Central Plaza di kota Samarinda.

Kini, Supra Boga Lestari telah mengoperasikan 34 toko yang terdiri dari 14 Ranch Market dan 20 Farmers Market yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya, Bekasi, Cikupa, Tangerang, Cikarang, Surabaya, Malang, Balikpapan serta Samarinda.

Menurut Suryawati, Direktur Supra Boga Lestari , tahun ini perseroan akan membuka 4 outlet di Jakarta dan Surabaya, total investasinya keempat toko sekitar Rp 36 miliar, sedangkan belanja modal tahun ini sekitar Rp 65 miliar.

Diakui Suryawanti, selain untuk menambah gerai baru, Supra Boga Lestari  juga akan menggunakan dana tersebut untuk pengembangan IT, renovasi gerai dan operasional. "Dari jumlah capex tersebut sebanyak 80% berasal dari kocek internal, sedangkan 20% sisanya berasal dari pinjaman perbankan," kata Suryawanti.

Hingga akhir tahun ini Meshvara menargetkan pendapatan Supra Boga Lestari sekitar Rp 2,3 triliun, sedangkan laba yang dipatok tahun ini sekitar Rp 40 miliar.

Selain itu, Supra Boga Lestari akan terus melakukan pengembangan dan penyempurnaan atas platform online: www.kesupermarket.com, yang merupakan strategi untuk mensinergikan toko offline dan online. Pada akhir tahun 2017, kesupermarket.com telah hadir di 32 toko Ranch Market dan Farmers Market.

Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, RANC memiliki loyalty card dengan nama Trust Card. Para pelanggan yang berbelanja akan mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan vocer belanja dan berbagai keuntungan lainnya. Jumlah anggota pemegang Trust Card mengalami peningkatan dari 146.785 anggota pada akhir tahun 2016 menjadi 267.500 anggota pada akhir tahun 2017. "Hingga kini sekitar 85% yang aktif, dan hingga akhir tahun target pemegang Trust Card selurar 330 ribu," kata Maria Suwarni Direktur Supra Boga Lestari. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Supra Boga Lestari Targetkan Laba Bersih Rp40 Miliar. Please share...!

Back To Top