Usai Restorasi, Film Warkop Sama Juga Bohong Hadir di Bioskop

Produser film Sama Juga Bohong, Hendrick Gozali (kiri) dan COO 13 Entertaiment, Lavesh M Samtani (kanan)

JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Setelah sukses memutar film lawas legendaris Tanah Air, Pengabdi Setan (1980), Vintage Film Festival (VFF) kembali menyajikan tayangan film lawas dengan genre yang berbeda. Mewakili film komedi yang marak pada zamannya, VFF memilih film yang diperankan oleh trio Warkop bertajuk, Sama Juga Bohong (1986).

Mendengar kabar gembira ini, produser film Sama Juga Bohong, Hendrick Gozali sangat mengapresiasi usaha VFF untuk merestorasi film miliknya. Menurutnya kegiatan ini harus terus berlangsung, demi kelestarian film-film lawas Indonesia.

“Saya senang sekali, film yang sudah berusia lebih dari 30 tahun ini bisa kembali di putar di bioskop. Saya juga sangat mengapresisi usaha VFF dalam merestrasi film lawas, jadi kini bisa ditonton dengan baik walau belum sempurna,” terangnya saat dijumpai SP, usai nonton bersama Sama Juga Bohong, di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (19/5/2018).

Indonesia memiliki kelemahan dalam pengarsipan, menurutnya. Sebenarnya banya sekali film-film lawas yang memiliki kualitas bagus dan mengandung nilai moral yang positif. Namun kini, film-film tersebut sudah dalam kondisi yang tidak baik, bahkan sulit untuk kembali direstorasi.

“Meskipun kadang terlihat gambarnya tak sebagus film saat ini, tetapi banyak pesan-pesan dan juga pelajaran yang bisa dipetik bagi para generasi muda. Zaman itu selalu berubah, tapi selalu ada perbandingan yang mengharuskan Anda melihat masa lalu. Di sinilah saya kira pentingnya kembali menonton film lawas. Kemudian, saya pikir yang utama adalah, mereka bisa belajar kerja sama dalam membuat sebuah film, karena dulu membuat film tidaklah mudah,” ungkapnya.

Dirinya mengutarakan bahwa, film Sama Juga Bohong pada masanya adalah film terlaris ke tiga di Jakarta dengan raihan 363.459 penonton. Meskipun kejayaan ada di tangan, untuk memperjuangkan film ini sampai ke bioskop tidaklah mudah. Situasi politik dan sosial yang tidak stabil, jadwal trio Warkop yang begitu padat, membuat ia harus melayangkan ongkos produksi yang tinggi.

Berbagai faktor inilah yang semakin mendorong 13 Entertaiment ingin terus berkomitmen mengapresiasi karya-karya pendahulu penggerak film Indonesia. Caranya dengan merestorasi karya-karya mereka dengan teknologi digital, dan kembali menayangkan film tersebut kepada masyarakat luas.

Menurut COO 13 Entertaiment, Lavesh M Samtani, saat ini sudah terdapat 200 film lawas yang sudah direstorasi. “Menurut saya, semua film harus direstorasi. Mau itu film lama atau kontennya rendah, semua harus diselamatkan. Memang ongkos (restorasi ) tidak murah, oleh karenanya kita utamakan kualitas yang baik terlebih dahulu, sebelum film itu menjadi rusak,” ungkapnya.

Film lawas ini diperbaiki dalam beberapa tahap yaitu, pemulihan, pemindaian, dan penggabungan secara manual dan digital yang prosesnya memakan waktu selama berminggu-minggu.

Sambutan Hangat

Tidak hanya mendapat apresiasi dari rumah produksi film yang telah direstorasi, VFF juga mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Valesh menuturkan, saat dua bulan lalu Pengabdi Setan (1980) ditayangkan, film tersebut berhasil menjual lebih dari 2.000 tiket di 10 titik penayangan.

Hal ini tercermin saat SP berbincang dengan salah satu penonton bernama Robi (28). Dirinya adalah penggemar film dan musik lawas Indonesia. Ia mengatakan bahwa, meskipun baru mengetahui adanya VFF beberapa hari lalu di sosial media, sebagai generasi muda pun sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Menurut saya kualitas film dan musik lawas Indonesia itu bagus-bagus sekali. Tidak bohong, sulit sekali mencari tempat untuk menonton film lawas, karena banyak film yang sudah rusak. Di VFF kita belajar bahwa, pengarsipan itu sangatlah penting,” terangnya yang berharap bisa menonton Badai Pasti Berlalu (1977).

Pada perhelatan VFF, yang menayangkan Sama Juga Bohong ini akan berlangsung mulai dari 18 Mei - 10 Juni mendatang, tiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. Tayang di lima kota, Jakarta, Bandung, Depok, Bekasi, dan Yogyakarta. Calon penonton dapat membeli tiket seharga Rp30.000 salah satunya lewat GO-TIX. (ym)
Labels: Hiburan

Thanks for reading Usai Restorasi, Film Warkop Sama Juga Bohong Hadir di Bioskop. Please share...!

Back To Top