BPPT Siapkan Rekomendasi Teknologi di Tiga Bidang

Acara launching Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2018 di Jakarta, Jumat (22/6/2018)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) siap menyusun rekomendasi (outlook) di bidang teknologi industri pertahanan, kebencanaan dan teknologi material dari Kongres Teknologi Nasional (KTN) yang akan digelar pada tanggal 17-19 Juli 2018.

Kepala BPPT, Unggul Priyanto, mengatakan, pihaknya berharap dalam KTN hendaknya bisa dirumuskan berbagai kebijakan strategis di bidang pertahanan, kebencanaan dan material.

"Alutsista kita perlu kemandirian. Secanggih apapun teknologi pertahanan dan keamanan (Hankam) kalau bergantung dari luar negeri akan menjadi masalah," kata Unggul seusai acara launching KTN 2018, di Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Menurut Unggul, teknologi hankam perlu kemandirian dalam negeri seperti tank, pesawat tempur hingga pesawat tanpa awak (drone).

Sementara itu, untuk bidang kebencanaan, sistem peringatan dini dan teknologi mitigasi bencana juga harus ditingkatkan. Apalagi Indonesia merupakan negara yang rawan bencana gempa bumi, tsunami dan bencana hidrometeorologi. "Di Jepang sistem peringatan dini, latihan evakuasi bagi masyarakat merupakan hal yang biasa. Tapi di kita masih belum," ucap Unggul.

Hal lain yang juga penting dirumuskan di KTN adalah standarisasi bangunan tahan gempa. Rekomendasi ini penting bagi pemerintah dan masyarakat. Di bidang material, Indonesia perlu bangkit dan mengolah bahan baku dengan memberi nilai tambah. Hal ini bisa mengurangi impor bahan baku. Lambat laun, kemandirian dan daya saing Indonesia akan meningkat.

Saat ini, BPPT sudah mengembangkan, karet alam untuk dibuat ban pesawat dan air rubber bag. "Kita punya banyak material berharga seperti timah, logam tanah jarang, yang bisa diberi nilai tambah," ujarnya.

Gelaran KTN 2018 lanjutnya, diharapkan memperkuat peran dan eksistensi teknologi dalam mendukung pengembangan industri nasional, peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading BPPT Siapkan Rekomendasi Teknologi di Tiga Bidang. Please share...!

Back To Top