Konsumsi Layanan Data Telkomsel Melonjak 23% Saat Ramadan

Konsumsi layanan data Telkomsel melonjak 23% saat Ramadan


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Layanan data Telkomsel mengalami peningkatan cukup signifikan hingga 23%. Dibanding hari biasa konsumsi data rata-rata pelanggan mencapai 134 MB per hari. Dominasi penggunaan layanan data konsumen terlihat pada penggunaan media sosial yang meningkat 24% dibanding hari biasa.

Hal ini disampaikan Denny Abidin, GM External Corporate Communications Telkomsel, saat buka bersama media di Telkomsel Smart Office Jakarta (9/6/2018). Media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data di jaringan Telkomsel dengan 35,3%, diikuti video streaming (31%), layanan pesan instan (12,8%), berbagai layanan Google (7,3%), dan games (2,4%). Sementara itu, beberapa aplikasi yang menjadi favorit pelanggan selama Ramadan tahun ini adalah YouTube yang berkontribusi terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 25,2%, diikuti Instagram (18,6%), Facebook (15,8%), WhatsApp (11,3%), dan Google (7,3%).

“Kami telah menyiagakan jaringan berkualitas untuk memfasilitasi perilaku pelanggan yang semakin aktif untuk berinteraksi di media sosial maupun menggunakan layanan digital lainnya saat Ramadan," imbuh pria yang akrab di sapa Abe ini.  Secara khusus, Telkomsel telah membangun 12.000 BTS multiband LTE, menambah kapasitas jaringan pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS, serta menambah kapasitas gateway internet 66% dari kapasitas existing menjadi 3.288 Gbps. Jalan tol yang merupakan jalur utama yang selalu padat saat mudik juga menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel.  Sebanyak 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G. Seluruh upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018.

Buka bersama ini juga dihadiri oleh  Ririek Adriansyah, Dirut Telkomsel, dan jajaran direksi Telkomsel lainnya. Dalam kesempatan paparannya, Ririek mengatakan uji jaringan dalam rangka Ramadan dan Idul Fitri ini total 10 ribu kilometer dilakukan pihaknya, terutama di lokasi dimana terjadi lonjakan penggunaan. "Termasuk di tol-tol yang belum diresmikan tapi sudah mulai digunakan," imbuh Ririek.

Hingga kuartal pertama 2018, Telkomsel telah melayani lebih dari 108 juta pengguna layanan data, di mana 55 juta di antaranya merupakan pelanggan 4G. Kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam berkomunikasi di periode RAFI 2018 didukung lebih dari 167.000 BTS di seluruh Indonesia, termasuk lebih dari 35.000 BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data.

Dalam kesempatan yang sama Ririek juga memaparkan kondisi terkini dari program pemerintah tentang kewajiban registrasi ulang kartu pra bayar pelanggan. "Total sudah ada 179,5 juta nomor yang teregistrasi hingga akhir Mei lalu, naik dibanding data pada 20 April yang baru mencapai 150 juta," tegasnya. Ia meyakini aturan ini memang awalnya menyulitkan, tapi akan mendorong industri lebih sehat.

"Registrasi ulang mendorong perilaku konsumen akan memilih membeli renewal dibanding starter pack, ini akan membuat industri lebih sehat," tuturnya. Untuk itu Telkomsel telah menyiapkan paket-paket menarik untuk renewal bukan saja menarik bagi pelanggan tapi juga pemilik outlet penjualan. Kami siapkan program diskon dan komisi yang lebih menarik untuk para pemilik outlet agar lebih menjual renewal dibanding starter pack," terangnya.

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan pantauan kesadaran konsumen dan outlet pada aturan ini, memang terlihat peningkatan kesadaran. Sebelum 30 April minat untuk mematuhi aturan ini masih rendah, setelah itu baru terjadi kesadaran tinggi pada aturan ini. "Renewal terlihat penjualannya tumbuh dobel digit pada bulan Mei," katanya. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Konsumsi Layanan Data Telkomsel Melonjak 23% Saat Ramadan. Please share...!

Back To Top