Album Musik Asian Games Siap Gaungkan Nama Indonesia

Jumpa pers peluncuran album official Asian Games 2018 : Energy of Asia di Stadion Akuatik, Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat 13 Juni 2018


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Musik adalah bahasa universal yang bisa digunakan sebagai sarana promosi efektif. Untuk itu, panitia penyelenggara Asian Games, Inasgoc telah menyiapkan sebuah album bertajuk, Asian Games 2018: Energy of Asia yang siap menggaungkan nama Indonesia ke penjuru dunia. Album yang diproduseri oleh Abdee “Slank” ini melibatkan sejumlah musisi dari lintas genre dan label rekaman di antaranya Once Mekel, Rian D'Masiv, dan Rizal Armada. Total ada 13 lagu dalam album tersebut yang dinyayikan 18 artis ternama Indonesia dan melambangkan simbol 18.8.2018, tanda dimulainya Asian Games 2018.

Menurut Ketua Panitia Asian Games 2018 Erick Thohir, selain untuk memberi semangat para atlet, keterlibatan seniman dan musisi juga bisa digunakan sebagai ajang promosi musik Indonesia ke dunia.

"Kapan lagi bisa promo lagu musisi Indonesia di dunia. Apalagi, nanti banyak negara di Eropa, Amerika Serikat, Afrika bagian Selatan yang bisa menonton Asian Games 2018. Ini artinya kan mempromosikan Indonesia, juga berdampak pada ekonomi," ungkapnya dalam jumpa pers peluncuran album official Asian Games 2018 : Energy of Asia di Stadion Akuatik, Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018).

Ketua Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (Asiri) Gumilang Ramadhan menambahkan kehadiran album ini sebagai bentuk partisipasi musisi Tanah Air terhadap penyelenggaraan Asian Games kedua yang digelar di Indonesia. Pihaknya berkomitmen membantu mempromosikan Asian Games 2018 agar semakin meriah.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Inasgoc. Kami sadar ini acara terbesar di Indonesia. Lagu-lagu yang ada selalu kami promosikan. Lagu-lagu ini sudah ada di YouTube, di platform streaming Joox, di radio juga sudah banyak diputar," katanya.

Ryan Ekky Pradipta termasuk yang mendapat kehormatan. Bersama bandnya d'Masiv, vokalis berusia 31 tahun ini berkontribusi mengaransemen dan menulis lirik lagu bertajuk Bright As The Sun. Menurutnya, lagu tersebut memuat pesan persahabatan, persatuan dan sportivitas. "Lagu ini ditulis untuk mewakili semangat para atlet dan mengakat persahabatan serta persatuan meski kita berbeda-beda. Semoga lagu-lagu tersebut dapat memberikan semangat atlet untuk meraih emas sebagai langkah awal menaklukkan dunia," kata Ryan yang tengah memakai jersey Timnas Indonesia itu.

Tak hanya Bright As The Sun, lagu seperti Menaklukkan Dunia yang dinyanyikan Once bersama penyanyi muda Shakira Jasmine juga didedikasikan untuk para atlet. Lagu tersebut bercerita rasa semangat, tak kenal putus asa untuk meraih kemenangan.

Penulis lagu dan rapper Joshua Matulessy atau lebih dikenal JFlow juga termasuk musisi Indonesia yang mengisi official song Asian Games 2018. Lewat dua lagunya Unbeatable dan Dance Tonight, JFlow ikut memberi semangat kepada para atlet yang akan berjuang dalam pesta olahraga terbesar se-Asia ini.

Dia sengaja menulis lirik-lirik lagu menggunakan bahasa Inggris agar bisa dinikmati semua orang, tidak hanya Indonesia. Dia pun menyadari bahwa keputusannya tersebut cukup berisiko, akan kritik dari para netizen. “Saya punya visi yang jelas. Saya gak akan terpengaruh komentar netizen. Saya ingin dunia tahu bangsa ini keren banget. Sebagai musisi saya ingin karya ini bisa dinikmati banyak orang dan atlet dari negara lain. Kita harus adil dan tidak memihak, jadikan Indonesia sebagai tuan rumah yang baik,” terangnya. (sd)
Labels: olahraga

Thanks for reading Album Musik Asian Games Siap Gaungkan Nama Indonesia. Please share...!

Back To Top