Alfacart Gandeng F5 untuk Transformasi Bisnis ke Cloud

Alfacart gandeng F5 untuk transformasi bisnis ke cloud


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Berawal sebagai saluran e-commerce dari Alfamart, Alfaonline bertransformasi menjadi Alfacart.com, toko online dan marketplace yang menghubungkan lebih dari 13 ribu gerai Alfamart di seluruh penjuru Indonesia.

Dalam transformasi besar-besaran tersebut Alfacart mendapat dukungan dari F5 untuk memperkuat keamanan aplikasi dan manajemen trafik web-nya. Dendy Pramudito, Vice President of Information Technology Alfacart, mengatakan, sebagai marketplace yang mengembangkan model bisnis dengan strategi online-to-offline, pihaknya menjangkau calon pelanggan melalui pemasaran digital yang luas. Juga, melakukan promosi online untuk menyampaikan  informasi mengenai model bisnis baru ini kepada khalayak sehingga konsekuensinya, trafik pada situs tumbuh pesat membuat tim IT harus bekerja lebih keras.

“Sebelumnya, hosting Alfaonline berada dalam data center yang merupakan bagian dari infrastruktur Alfamart sendiri. Namun, setup awal ini tidak dilengkapi dengan dukungan yang memadai untuk melayani pemasaran digital Alfacart yang intensitasnya tinggi, serta trafik aplikasi yang cukup berat ketika model bisnis berubah. Alfacart pun mulai mencari opsi layanan cloud publik. Kami kemudian menghubungi F5,” ujar Dendy.

Ia melanjutkan, tim Alfacart kemudian mengimplementasikan BIG-IP Local Traffic Manager (LTM) dari F5 yang memiliki kontrol yang lebih baik di lapisan aplikasi sehinnga meningkatkan performa website secara keseluruhan melalui application behavior intelligence.

Selain itu, Alfacart juga mengimplementasikan BIG-IP Applicaton Security Manager (ASM) yang melindungi website dari ancaman-ancaman canggih dan kompleks, sekaligus memperbaiki performa aplikasi. "Alfacart.com kini mampu memproses jumlah transaksi online sepuluh kali lipat setiap harinya, dibandingkan sebelum menggunakan F5. Ini merupakan perubahan yang sangat positif karena operasional online adalah inti dari bisnis kami. Kami bisa dengan mudah dan cepat mengidentifikasi masalah, khususnya dalam proses transaksi, karena dengan infrastruktur F5 kami dapat segera mendeteksi masalah pada aplikasi atau pun database,” jelasnya.

Marketplace Alfacart.com sendiri kini menyediakan beragam kebutuhan pribadi maupun keluarga mulai dari fashion, peralatan elektronik, handphone, komputer & laptop, kebutuhan rumah tangga sehari-hari, peralatan dapur, hobi dan gaya hidup sampai kesehatan dan kecantikan. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Alfacart Gandeng F5 untuk Transformasi Bisnis ke Cloud. Please share...!

Back To Top