AP II Kucurkan Rp 200 Miliar untuk Pengembangan Bandara Jember

Penandatanganan nota kesepahaman tentang pemanfaatan aset milik PTPN XVII atau barang milik Pemerintah Kabupaten Jember untuk pemanfaatan, pengembangan, dan atau pengusahaan Bandara Notohadinegoro


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XVII, Pemerintah Kabupaten Jember, dan PT Angkasa Pura II (Persero) sepakat untuk mengembangkan Bandara Notohadinegoro Jember, Jumat (6/7/2018). Kesepakatan ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang pemanfaatan aset milik PTPN XVII atau barang milik Pemerintah Kabupaten Jember untuk pemanfaatan, pengembangan, dan atau pengusahaan Bandara Notohadinegoro.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan tidak ada transaksi antar-aset. Adapun masing-masing aset akan di devaluasi agar prosesnya cepat sehingga pengerjaan pembangunan bandara bisa lebih awal. "Supaya cepat, tidak ada transaksi antar-aset. (Untuk pelebaran dan perluasan) Kalau harus membeli aset tanah panjang lagi prosesnya," kata dia.

Pemerintah Kabupaten Jember telah membangun runway dan gedung terminal. Nantinya, nilai aset akan didevaluasi dengan adanya kerja sama itu. Begitu juga dengan lahan PTPN yang akan digunakan untuk pengembangan Bandara Notohadinegoro. "Kami nanti akan tambah panjang lintasan dan pelebaran, runway di-overlay segala macam,” ujar dia.

Prioritas

Selain devaluasi aset, AP II mengalokasikan dana (capital expenditure) sebesar Rp 200 miliar untuk penambahan panjang lintasan, perluasan, dan pembangunan aspek lain di bandara. AP II memprioritaskan penambahan panjang lintasan dari 1.600 meter menjadi 2.250 meter. Sedangkan, lebar lintasan ditambah dari 30 meter menjadi 40 meter. Pengembangan runway diperkirakan memakan biaya Rp 100 miliar. Sementara sisanya dialokasikan untuk pengembangan gedung terminal dan perluasan bandara. "Jadi prioritas karena mandatory. Untuk kategori pesawat (Boeing) 737-800 sudah bisa masuk,” katanya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan pemerintah mengapresiasi terealisasinya program ini. "Selaku goverment merasa bangga bahwa sinergi antara PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XVII, Pemerintah Kabupaten Jember dan PT Angkasa Pura II (Persero) bisa disumbangkan menjadi bandar udara. Realisasi (groundbreaking) segera terlaksana akhir tahun ini,” ujar Agus. (bj)

Labels: Ekonomi

Thanks for reading AP II Kucurkan Rp 200 Miliar untuk Pengembangan Bandara Jember. Please share...!

Back To Top