BRI Agro Gandeng Wonokoyo Group Salurkan Kredit Rp 30 Miliar

(Ki-Ka) Direktur BRI Agro Ebeneser Girsang dan Direktur Utama PT Mitra Unggas Sejati Iwan Tirto Kusumo, saat penandatangan kerja sama penyaluran kredit komersial dan KUR di Surabaya, Kamis 26 Juli 2018


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI Agro) menjalin kerja sama dengan Wonokoyo Group untuk menyalurkan kredit sebanyak Rp 30 miliar kepada 12 peternak mitra binaan anak perusahaannya, PT Mitra Unggas Sejati.

Direktur BRI Agro, Ebeneser Girsang mengatakan, penyaluran kredit kepada 12 peternak mitra binaan Mitra Unggas Sejati tersebut merupakan langkah awal untuk penyaluran kredit kepada seluruh mitra binaan yang jumlahnya mencapai ratusan peternak. Rencananya, BRI Agro akan menyalurkan KUR disamping kredit komersial kepada mereka.

"Untuk saat ini kredit yang disalurkan kepada mitra binaan sebanyak Rp 30 miliar adalah kredit komersial. Tetapi, kedepan kita juga menyiapkan kepada mitra binaan KUR, terutama kredit mereka dibawah Rp 500 juta. Jadi kredit yang kita salurkan nanti merupakan gabungan antara kredit komersial dan KUR," katanya usai penandatanganan perjanjian kerjasama antara BRI Agro dengan PT Mitra Unggas Sejati di Hotel Grand Mercure Surabaya, Kamis (26/7/2018).

Ebeneser menjelaskan dalam pengembangan penyaluran kredit baik untuk kredit komersial maupun KUR, pihaknya akan tetap memprioritaskan pola kerjasama dengan mitra binaan. Pola kemitraan itu pula yang kini terus digagas dengan beberapa korporasi yang memiliki mitra binaan untuk penyaluran kreditnya. Selama ini, penyaluran kredit dari pola kemitraan ini menyumpang 15 persen dari total penyaluran kredit. Selain dengan Wonokoyo Group melalui anak perusahaannya, Mitra Unggas Sejati, BRI Agro juga menggagas kerjasama dengan PTPN XII dan Tebu Emas.

"Kita akan prioritaskan kerja sama mitra binaan, jadi petani nanti tidak akan kesulitan untuk memasarkan produknya. Jadi, jangan sampai petani kita beri KUR dan sudah berproduksi namun tidak ada yang membeli produknya," jelasnya.

Ebeneser melanjutkan, komoditi mitra binaan juga dikembangkan. Upaya itu dilakukan BRI Agro selama semester pertama 2018, dengan menjajaki kerja sama dengan mitra binaan untuk beragam komiditi dan diharapkan terealisasi lewat pola kemitraan. "Setelah dengan mitra binaan untuk komoditi ayam, selanjutnya akan dilanjutkan dengan mitra binaan lainnya dengan komoditi yang berbeda seperti jagung dan ikan," katanya.

Sementara itu, Public Relation Manager Wonokoyo Group, Heri Setiawan mengatakan, kerja sama dengan BRI Agro akan berdampak positif bagi sekitar 300 peternak yang bermitra dengan Mitra Unggas Sejati. Selama ini, kemitraan Wonokoyo Group baru sebatas pemberian kebutuhan sarana produksi, pendampingan dan kepastian pemasaran. Melalui kerja sama pendanaan ini, dharapkan dapat meningkatkan produktivitas.

"Ada jaminan pasokan buat kami. Mereka bisa investasi untuk kandang, sistem closed house tentunya membuat mereka lebih efisien dan produktif. Hal ini akan meningkatkan pendapatan dan investasi," ujarnya.

Menurut Iwan, Mitra Unggas Sejati memiliki 200 hingga 300 peternak binaan yang membutuhkan dana sekitar Rp 1 miliar hingga Rp 8 miliar untuk renovasi dan pembuatan kandang. Sedangkan untuk modal kerja, rata-rata membutuhkan biaya sebesar Rp 300 juta sampai Rp 1 miliar. "Dengan suntikan modal kerja ini, kita berharap pasokan mereka yang selama ini mencapai 10 persen, akan meningkat," tandasnya. (dri)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading BRI Agro Gandeng Wonokoyo Group Salurkan Kredit Rp 30 Miliar. Please share...!

Back To Top