MICAM Milano Gelar Pameran Sepatu Internasional ke-86

MICAM Milano gelar pameran sepatu Internasional ke-86


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Pameran sepatu internasional MICAM Milano akan mengulas kembali desain sepatu terbaru dan tren sepatu untuk musim semi/panas 2019 yang akan diselenggarakan di Fiera Milano, Italia. Pameran yang bakal berlangsung 16 hingga 19 September 2018 mendatang, mengundang berbagai produsen sepatu, pembeli, dan pakar internasional yang akan bergabung di edisi ke-86 ini bertema “Envy”.

Di edisi sebelumnya, hadir lebih dari 44.000 pengunjung yang 60%-nya berasal dari luar negeri dan lebih dari 1.300 peserta pameran yang 40%-nya berasal dari luar negeri. Pameran in telah menjadi pusatnya para manufaktur sepatu dalam meluncurkan produk-produk barunya sekaligus dapat menjadi ajang membangun hubungan bisnis dan sebagai batu loncatan untuk ekspansi yang lebih luas. Sepatu yang akan dipamerkan adalah sepatu untuk dewasa hingga anak-anak.

Tren sepatu MICAM Milano mencakup tiga tema yakni In Touch, Common Ground, dan Creative Manifesto yang terinspirasi oleh meditasi dan kesejahteraan pribadi. Pemilihan palet warna dan inspirasi dari setiap tren ini diambil dari bentuk-bentuk aksesoris, cetakan, dan pola yang memiliki makna tidak lekang waktu dalam mewakili keinginan untuk mengambil sikap dan berjuang untuk keyakinan seseorang.

Data dari Assocalzaturifici menunjukan bahwa kapasitas ekspor sepatu Itali ke Indonesia masih sangat rendah terhitung dari tahun 2005 hingga 2017. Di tahun 2016 nilai ekspornya hanya mencapai Euro 4.25juta namun mengalami penurunan pada tahun 2017 menjadi Euro 3.96juta, dari tahun ke tahun kenaikannya tidak signifikan. Indonesia pun berada diperingkat ke 75 dalam tujuan ekspor sepatu Itali yang hanya mampu mengekspor 67 pasang sepatu dengan rata-rata harga Euro 58.80 pada tahun 2017 dikarenakan pajak yang besar dan aturan domestik yang rumit.

Maka dari itu, Matteo Scarparo, Head of Global Trade Unit dari Assocalzaturifici, mengajak pebisnis, pembeli dan pemerhati sepatu dari Indonesia untuk hadir di MICAM Milano ke 86 agar dapat berbagi inspirasi dan memperluas jaringan bisnis skala global. “Ked epannya, saya berharap bahwa pameran ini dapat membawa partisipasi dan kolaborasi dengan desainer sepatu Indonesia untuk dapat bergabung di pameran ini melalui proses seleksi terlebih dahulu. Bersama Italian Trade Agency pun kami sudah membicarakan 3 delegasi pembeli terbesar beserta pihak media untuk datang ke MICAM.”

“Harapan kami nantinya kerja sama antara Indonesia dan Italia bisa lebih baik lagi dengan komunikasi intensif antara 2 belah pihak dalam merundingkan kesepakatan perdagangan yang saling menguntungkan. Permasalahan yang kami hadapi saat ini juga adalah 27% pajak yang dikenakan dari Pemerintah Indonesia dan ini sangat memberatkan kami. Semoga kedepannya mendapatkan jalan keluarnya agar dapat terciptanya kerjasama mutualis yang baik,” ujar Matteo. (ym)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading MICAM Milano Gelar Pameran Sepatu Internasional ke-86. Please share...!

Back To Top