Pelindo IV Terbitkan Obligasi Rp 3 Triliun

Ilustrasi pelabuhan laut (Foto: Istimewa)


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) menerbitkan obligasi perdana sebesar Rp 3 triliun di Bursa Efek Indonesia (BEI). Obligasi tersebut ditujukan untuk membiayai 4 pelabuhan besar yang tengah digarap oleh perseroan. Selain itu, Pelindo IV juga berpotensi menerbitkan obligasi senilai Rp 2 triliun pada 2019.

Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung menyatakan, pihaknya sudah memiliki izin dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menerbitkan obligasi hingga Rp 5 triliun. Namun, perusahaan pelat merah ini, berniat merealisasikan penerbitan dengan dua tahap. Hal itu merupakan bagian strategi perseroan terkait biaya dana (cost of fund). "Jika kondisi pasar baik dan tingkat bunga tidak tinggi, tahun depan kami dapat menerbitkan sisa obligasi yang sebesar Rp 2 triliun," ujar Doso di Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Terkait pendanaan, sebelumnya melalui obligasi perdana Pelindo IV menawarkan tingkat kupon 8 persen hingga 9,35 persen untuk surat utang dengan tiga tenor, 5 tahun hingga 10 tahun. Surat utang tersebut merupakan yang pertama diterbitkan Pelindo IV.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Aloysius Kiik Ro menuturkan, pihaknya mengapresiasi inovasi pendanaan yang dilakukan Pelindo IV. Harapannya, Pelindo IV dapat menggunakan dana hasil emisi obligasi secara optimal. "Seiring penerbitkan obligasi I, kini stakeholder di Pelindo IV sudah bertambah. Jadi aksi korporasi ini dapat membantu perseroan untuk meningkatkan tata kelola perusahaan (good corporate governance/GCG)," ungkap Aloysius.

Terkait dana hasil emisi obligasi I, Doso memaparkan, pihaknya berniat mengalokasikannya untuk investasi, dan refinancing. Khusus investasi, dia menyatakan, perseroan berniat menggunakan dananya untuk mendukung ekspansi di empat pelabuhan baru, yakni di kawasan Makassar, Kendari, Bitung, dan Pantoloan.

Di samping ekspansi di empat pelabuhan tersebut, Doso mengakui, perseroan juga akan mengerjakan proyek pelabuhan lainnya. Sebab, Pelindo IV tengah memiliki 30 proyek. "Sebagian pelabuhan baru kami akan selesai pada semester II-2018, dan sisanya ditargetkan rampung semester I-2019," jelasnya. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pelindo IV Terbitkan Obligasi Rp 3 Triliun. Please share...!

Back To Top