Petrokimia Gresik Dorong Regenerasi di Sektor Pertanian

Dirut PT Petrokimia Gresik, Nugroho Christijanto (tengah) pada pembukaan Jambore Petani Muda II di Wisma Kebomas PG, Gresik, Kamis (19/7/2018)


GRESIK (IndonesiaTerkini.com)- PT Petrokimia Gresik memberikan perhatian terhadap minimnya minat generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian. Produsen pupuk ini, terus berupaya mendorong upaya regenerasi pertanian. Salah satunya, dengan menggelar Jambore Petani Muda II yang melibatkan 63 peserta yang berasal dari 21 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian, di berbagai daerah di Indonesia.

Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, Nugroho Christijanto mengatakan, permasalahan yang dihadapi sektor pertanian saat ini adalah minimnya minat generasi muda. Sementara, keberlangsungan dan keberhasilan sektor agroindustri dan pertanian di Indonesia, sangat bergantung pada peran generasi muda.

"Perseroan memiliki komitmen dan arah kebijakan yang berorientasi pada program regenerasi petani. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong regenerasi petani. Mudah-mudahan, upaya ini bisa memberikan masukan bersama, khususnya pada pelaku dunia pertanian. Selain itu, kegiatan ini diharapkan menjadi penopang dan inspirasi bagi generasi muda," kata Nugroho di sela pembukaan Jambore Petani Muda II di Wisma Kebomas, Gresik, Kamis (19/7/2018).

Menurut, perhatian perusahaan terhadap regenerasi pertanian telah direalisasikan melalui kegiatan yang melibatkan petani muda sejak beberapa tahun terakhir. Jambore kali ini, kata Nugroho, merupakan kelanjutan dari jambore nasional Pelatihan Anak Tani Remaja (PATRA) pada 2014, sebelum akhirnya berganti nama menjadi Jambore Petani Muda sejak tahun lalu.

"Kami mengusung tema regenerasi pertanian karena dinilai sangat relevan dengan kondisi aktual yang ada saat ini," terangnya. Nugroho menambahkan, pihaknya mengundang pelajar SMK dalam jambore tersebut karena Indonesia saat ini memiliki sekitar 977 SMK Pertanian. Jumlah tersebut, menyimpan potensi besar untuk menjadi penerus dan penggerak sektor pertanian di masa mendatang.

"Jambore diantaranya bertujuan memberikan inspirasi sedini mungkin kepada generasi muda kalau sektor pertanian adalah sektor yang prospektif dan tak kalah menarik dengan sektor lainnya," pungkasnya. (gru)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Petrokimia Gresik Dorong Regenerasi di Sektor Pertanian. Please share...!

Back To Top