Undip Dirikan Bloomberg Finance Lab

Universitas Diponegeoro (Undip) mendirikan Bloomberg Finance Lab pertama di Indonesia. Tampak Darsono (Pembantu Rektor Bidang Sumber Daya Manusia & Keuangan Universitas Diponegoro); Heru Sudjatmoko, M.Si. (Wakil Gubernur Jawa Tengah), Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro); Mohamad Nasir, (Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) 


SEMARANG (IndonesiaTerkini.com)- Universitas Diponegoro (Undip) sebagai salah satu universitas negeri terbaik di Tanah Air bekerja sama dengan perusahaan teknologi dan informasi keuangan global, Bloomberg, secara resmi membuka Bloomberg Finance Lab yang pertama di Indonesia. Hadir dalam kesempatan itu, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

Universitas Diponegoro Semarang telah bergabung dalam jaringan yang terdiri dari 800 universitas dari seluruh dunia dalam Bloomberg Terminals dan Finance Labs. Dalam keterangan yang diterima redaksi, fasilitas baru ini akan tersedia di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) yang terdiri dari 12 Terminal Bloomberg dan dapat digunakan mahasiswa S1, S2 dan S3, serta staf pengajar dan peneliti.

“Bloomberg Finance Lab akan meningkatkan kemampuan dan profesionalitas para lulusan sarjana khususnya konsentrasi di finance, accounting, bisnis, dan ekonomi secara umum,” ujar Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Suharnomo, di sela peluncuran Bloomberg Finance Lab di Semarang, Kamis (12/7/2018).

Undip kata dia, juga berencana memperluas program pertukaran mahasiswa internasional dengan universitas terbaik dari seluruh dunia. Dia juga meyakini peluncuran Finance Lab ini akan membantu para mahasiswa terhubung dengan pasar keuangan global.

Sementara Head of ASEAN Sales, Bloomberg, Maggie Ng mengaku senang dapat bermitra dengan Undip dengan membantu para mahasiswa dan profesor mengakses berita, data pasar keuangan dan ekonomi yang telah digunakan oleh para profesional dunia di bidang bisnis dan keuangan di seluruh dunia. “Kami berharap ketersediaan data dan pelatihan dari Bloomberg Finance Lab dapat menunjang karir ratusan mahasiswa di Indonesia dan membentuk generasi selanjutnya yang ahli dalam bidang keuangan di salah satu pusat ASEAN yang paling dinamis,” kata dia.

The Bloomberg Terminal merupakan sebuah software platform yang menyediakan data, berita, dan analisis pasar keuangan secara real-time dan historis yang dapat membantu profesional di bidang bisnis dan keuangan dalam membuat keputusan investasi yang tepat. Bloomberg Terminal juga menyediakan execution platforms untuk setiap kelas aset, riset, dan jaringan global agar dapat berkomunikasi secara aman dan dapat diandalkan.

Para mahasiswa Undip akan mendapatkan pelatihan agar mampu mengoperasikan Bloomberg Terminal serta pelatihan dalam investasi, risiko, assessment, dan manajemen portofolio. Bloomberg Financial Lab juga dapat diakses untuk akademisi universitas dalam melakukan proyek riset. Para mahasiswa juga dapat mengakses Bloomberg Market Concepts (BMC), sebuah kursus e-learning bersertifikat, dan CFAPRO, database yang memetakan CFA Institute Candidate Body of Knowledge ke lebih dari 387 fungsi Bloomberg Terminal yang relevan.

Sejak tahun 1999, Bloomberg telah bekerja sama dengan bank lokal, perusahaan dan lembaga pemerintah untuk memajukan infrastruktur pasar keuangan Indonesia dan meningkatkan transparansi dan efisiensi, melalui data, berita dan analisis. Pada tahun 2016, platform perdagangan valuta asing Bloomberg diintegrasikan ke dalam sistem pemantauan perdagangan Bank Indonesia secara real-time. Pada 2017, Bloomberg meluncurkan analisis reverse repo dan platform perdagangan untuk memperdalam pasar uang Indonesia. Mulai 1 Juni 2018, utang dalam mata uang rupiah Indonesia dimasukkan dalam Indeks Agregat Global Bloomberg (Indeks) untuk pertama kalinya. (yun)
Labels: Pendidikan

Thanks for reading Undip Dirikan Bloomberg Finance Lab. Please share...!

Back To Top