Yamaha Dukung Pendidikan SMK

Yamaha dukung pendidikan SMK


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)  mendukung program pendidikan SMK Binaan Yamaha. Program tersebut adalah bukti nyata kontribusi Yamaha kepada masyarakat Indonesia untuk “Merah Putih Semakin di Depan” dengan pelatihan teknologi otomotif asal Jepang tersebut. Hal itu  merupakan bagian dari Corperate Social Responsibility yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2003 lalu.

Menurut M.Abidin,  General Manager After Sales & Motorsport  YIMM, peresmian bengkel resmi Yamaha Adab Motor, yang dimiliki oleh SMK Muhammadiyah Lemah Abang tersebut merupakan  kerja sama antara Yamaha dengan SMK Muhammadiyah Lemah Abang  yang sudah dimulai sejak 2008 lalu.  Pada 2012 dibuka kelas khusus Yamaha di SMK Muhammadiyah Lemah Abang. Yamaha memberikan dukungan set up ruang teori dan ruang praktek berikut peralatannya. "Kerja sama ini terus berkembang. Ini tindak lanjut kerja sama SMK – Yamaha dalam bentuk Teaching Factory selain kelas khusus Yamaha. SMK juga bisa memiliki bengkel yang bisa digunakan sebagai sarana belajar dan sekaligus bisa menjadi unit produksi bagi SMK,” jelasnya.

Adanya bengkel  Yamaha Adab Motor ini diharapkan bisa melayani kebutuhan layanan purna jual bagi konsumen di kabupaten Cirebon baik servis maupun suku cadang.  Bengkel Adab Motor ini juga didukung oleh  teknisi yang bersertifikat Yamaha Technical Academy dan peralatan standar Jepang serta dilengkapi dengan Yamaha Diagnostic Tools terbaru yang mampu memeriksa sistem Fuel Injection secara akurat.

Selain bengkel, YIMM  juga membuat kurikulum SMK Kelas Khusus Yamaha terbaru. Dengan kurikulum baru ini diharapkan SMK bisa mengikuti perkembangan industri sepeda motor terkini dan lulusannya siap bekerja di jaringan bengkel Yamaha maupun berwirausaha. Ini adalah bukti nyata bahwa Yamaha mendukung program permerintah  “Link & Match” antara dunia pendidikan dan industri, sehingga mampu mengurangi kesenjangan dunia pendidikan dan dunia industri yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

R. Alpha Amirrachman, Sekretaris Majelis DikDasMen PP Muhammadiyah, mengatakan, pendidikan adalah salah satu pilar utama Muhammadiya selain pilar kesehatan dan pilar perlindungan untuk kaum dhuafa. Karena itu pihaknya sangat mengapresiasi Yamaha dan SMK Lemah Abang yang sudah menginisiasi kerja sama SMK dan industri hingga mampu mewujudkan bengkel resmi Yamaha Adab Motor. "Kerja sama dengan Yamaha bukan hanya akan mendidik siswa menjadi siswa yang cerdas dan terampil, tapi juga berintegritas, berkahlakul kharimah dan memiliki jiwa kepemimpinan," ujarnya. (ym)
Labels: CSR

Thanks for reading Yamaha Dukung Pendidikan SMK. Please share...!

Back To Top