331 Anak Muda se-Asean Bertarung dalam Kompetisi Keahlian di Thailand

Asean Skills Competition (ASC) -12 yang berlangsung dari 31 Agustus sampai 5 September 2018 di Thailand


BANGKOK (IndonesiaTerkini.com)- Sebanyak 331 tenaga kerja muda yang berasal dari negara-negara anggota Asean mengikuti Asean Skills Competition (ASC) -12 yang berlangsung dari 31 Agustus sampai 5 September 2018 di Thailand. ASC merupakan kompetisi sekaligus arena unjuk kebolehan terhadap penguasaan keterampilan kerja di berbagai bidang kejuruan oleh para tenaga kerja muda (yang berusia maksimal 22 tahun dan 25 tahun untuk kejuruan tertentu) dari negara-negara anggota Asean.

“Dalam ASC ke-12 di Bangkok ini akan ada 331 pemuda bertalenta yang memiliki keterampilan tertentu di 26 kejuruan saling berkompetisi memenangkan standar keterampilan terbaik. Indonesia sendiri mengirimkan 44 anak muda di 22 kejuruan,” Sekretaris Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan, Kunjung Masehat di, Bangkok, Thailand (27/8/2018).

Kunjung menjelaskan penyelenggaraan ASC merupakan salah satu upaya peningkatan standar kompetensi kerja Asean di berbagai bidang kejuruan sehingga citra, kualitas dan posisi tawar tenaga kerja negara anggota Asean di dunia internasional semakin diperhitungkan.

Selain itu, menurut Kunjung, keikutsertaan dalam ASC ini mendukung pengembangan sumber daya manusia khususnya tenaga kerja muda di Indonesia untuk mencapai kompetensi sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pasar kerja global.

Dalam TCM ke-2 yang digelar sebelum kompetisi ASC, dimulai membahas dan mengkonfirmasikan keikutsertaan kompetitor negara peserta di kejuruan yang dilombakan. Selain itu juga mengkonfirmasi kepala juri dan tim penilai yang telah ditetapkan pada TCM pertama pada Febuari 2018.

The 2nd Technical Committe Meeting (TCM) ini dipimpin oleh Chairperson, Vacharapong Mukcherd dari Thailand dan wakil, Heng Guan Teck dari Singapura. "Pertemuan ini juga membahas peraturan kompetisi dan memastikan bahwa prosedur kesehatan dan keselamatan Kerja terlaksana sesuai standar yang telah ditentukan,” kata Kunjung.

Kegiatan ASC ke-12 didahului dengan keikusertaan delegasi Indonesia pada Organizing Committee Meeting I (OCM-I) yang telah dilaksanakan pada 10-13 September 2017 di Dusit Thani Hua Hin, Phetchaburi, Thailand. Adapun hasil kesepakatan-kesepakatan OCM I tertuang dalam Agree Minutes OCM I. Kemudian diadakan juga Technical Commitee Meeting I (TCM-I) pada tanggal 4-9 Februari 2018 di The Berkeley Hotel Pratunam, Bangkok, Thailand.

Kompetisi meliputi 26 kejuruan, dari 6 kategori. Akan ada lebih dari 300 pesaing dan lebih dari 1.000 delegasi dari 10 negara Asean, serta 30.000 pengunjung akan menghadiri acara di IMPACT Muang Thong Thani, Thailand. (pr)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading 331 Anak Muda se-Asean Bertarung dalam Kompetisi Keahlian di Thailand. Please share...!

Back To Top