Bank Bukopin Gandeng SMF Tingkatkan Porsi Penyaluran KPR

Eko R. Gindo, Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk. (keempat dari kiri), dan Ananta Wiyogo, Direktur Utama PT SMF (kelima dari kanan) bersama direksi Bank Bukopin dan PT MSF disela-sela MoU Penyaluran Pinjaman KPR dari SMF sebesar Rp 500 Miliar


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Program Satu Juta Rumah yang dicanangkan pemerintah memberi peluang bagi perbankan khususnya untuk pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Menurut Eko R. Gindo, Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk, potensi KPR Bank Bukopin dari sebenarnya besar hanya saja belum bisa digarap maksimal, karena tidak bisa bersaing dari sisi pendanaan jangka panjang dan suku bunga.

Hal ini tercermin dari realisasi KPR Bank Bukopin hingga Juni 2018 yang hanya relatif mencapai Rp 3 triliun atau sekitar 5% dari total outstanding kredit Bukopin. Untuk menangkap potensi KPR tersebut, Bank Bukopin menggandeng PT Sarana Multigriya Finansial (SMF). Melalui kerjasama ini, SMF memberikan pembiayaan kepada Bukopin untuk KPR sebesar Rp 500 miliar selama 3 tahun.

Eko menambahkan, dengan dukungan SMF untuk pembiayaan KPR Bank Bukopin dapat menggarap pasar KPR lebih serius. Mengingat tenor pembiayaannya terbilang jangka panjang sekitar tiga tahun. "Dengan kondisi ini, kami jadi percaya diri agar lebih masuk ke KPR," ujar Eko.

Dengan suntikan dana Rp 500 miliar, Eko menargetkan paling tidak KPR Bukopin mampu tumbuh 15 persen, atau menambah portofolio KPR sekitar Rp 1,7 triliun-Rp 2 triliun. Bila saat ini Bukopin memiliki bunga promo KPR 8,8% tetap (fixed) selama dua tahun, tidak menutup kemungkinan, nantinya promo tersebut akan diperpanjang menjadi 3-5 tahun.

Begitu juga dari KPR Bank Bukopin, rata-rata Rp 300 juta ke atas, rencanya Bukopin akan berkontribusi di FLPP, target market pembiayaan ke developer sekitar Rp 100 juta-Rp 300 juta. "Kami akan mengirim direksi Bank Bukopin ke Kookmin Bank di Korea Selatan (investor baru Bank Bukopin), akhir bulan untuk mempelajari sistem penyaluran KPR di sana," ujar Eko.

Menurut Ananta Wiyogo, Direktur Utama SMF, hingga semester I-2018 SMF telah menyalurkan KPR sebesar Rp 4,3 triliun, sedangkan target hingga akhir tahun ini sekitar Rp 9 triliun. Total penyaluran pembiayaan KPR yang disalurkan SMF sekitar Rp 41 triliun. (ym)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Bank Bukopin Gandeng SMF Tingkatkan Porsi Penyaluran KPR. Please share...!

Back To Top