Implementasi IoT jadi Momen Kebangkitan Operator Seluler

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail memberi sambutan di acara Asia IoT Business Platform, di Jakarta, Selasa, 28 Agustus 2018


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail, menyebutkan, implementasi Internet of Things (IoT) di masa depan bisa menjadi penyambung nafas bagi para operator seluler di Indonesia. Pasalnya saat ini operator seluler tidak bisa lagi mengandalkan jualan data internet saja untuk meningkatkan revenue, di tengah persaingan antar operator seluler yang semakin ketat.

"Saya melihat operator seluler sangat antusias dengan implementasi IoT. Ini bisa menjadi reborn kedua setelah mengalami tekanan berat. Kalau hanya jualan data internet, sekarang itu cukup berat. Selain persaingan yang ketat, kebanyakan masyarakat juga maunya yang gratis," kata Ismail, di acara Asia IoT Business Platform, di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Ismail menyebutkan, implementasi IoT bisa menjadi momentum bangkit kembali untuk para operator seluler dalam meningkatkan revenue. Apalagi, era short message service atau SMS dan voice juga sudah berakhir.

"IoT merupakan kelahiran kedua dari teman-teman operator seluler untuk bisa mendapatkan lebih banyak revenue lagi dari berbagai macam aplikasi yang memanfaatkan IoT," tutup Ismail. (sd)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Implementasi IoT jadi Momen Kebangkitan Operator Seluler. Please share...!

Back To Top