Indigo Day Dorong Startup Jalin Kolaborasi Teknologi

Acara Indigo Demo Day di Jakarta, Jumat, 21 April 2017


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Indigo Creative Nation, startup incubator/accelerator milik PT Telkom Indonesia, akan kembali menyelenggarakan gelaran tahunan Indigo Day yang ke-3, sebagai ajang sinergi startup binaan Indigo dan Telkom Group, dengan lebih dari 15 venture capital dan investor startup pada tanggal 29 Agustus 2018 mendatang.

"Indigo Day sendiri memadukan antara startup pitching, startup demo day, startup exhibition, dan talkshow, yang mengundang pembicara setingkat C-level yang berasal dari kalangan startup unicorn, korporasi, venture capital, dan kepemerintahan," ujar Deputy Head of Digital Startup & Community Engagement Indigo, Herry Fahrur Rizal, Sabtu (25/8/2018).

Herry mengatakan, tema besar Indigo Day batch ke-1 tahun 2018 ini, akan mengusung tema semangat kolaborasi dalam bidang inovasi teknologi yang diisi oleh Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, serta Co-Founder dan CEO of Kudo Albert Lucius. "Keduanya akan menjelaskan tentang bagaimana dampak kolaborasi dalam bidang inovasi teknologi antara kedua perusahaan tersebut," tambahnya.

Sementara, Direktur Digital & Strategic Portfolio PT Telkom Indonesia, David Bangun, akan berbagi seputar strategi korporasi dalam pengembangan digital business service untuk mendukung pertumbuhan portofolio bisnis.

Managing Director Indigo Creative Nation, Ery Punta Hendraswara, akan berbagi bagaimana program Indigo bisa menjadi salah satu program corporate innovation dalam pengembangan startup eksternal yang bertahan hingga tahun ke-5.

Sedangkan CEO MDI (Metra Digital Innovation) Ventures (corporate venture capital milik PT Telkom Indonesia) Nicko Widjaja, akan berbagi bagaimana strategi melakukan investasi terhadap startup tahap series A ke atas yang inovasinya mendukung digital business service milik Telkom Group.

"Program Indigo Creative Nation sendiri mencakup mulai dari kegiatan nurturing creativity yang mendorong tumbuhnya komunitas digital kreatif di Indonesia, serta program inkubasi dan akselerasi startup digital untuk mengembangkan inovasi produk digital yang fit dengan kebutuhan market sehingga memiliki value tinggi di pasar," kata Herry.

Sejak tahun 2013, program Indigo Creative Nation juga telah menginkubasi 111 startup dimana sekitar 37 startup telah menghasilkan secara komersial, bahkan 16 startup diantaranya telah mendapatkan pendanaan tambahan dari para Investor dalam dan luar negeri seperti Payfazz yang memperoleh pendanaan dari Y Combinator.

"Bahkan, dari sekian startup yang telah dibina Indigo, ada beberapa startup yang telah berhasil menciptakan kolaborasi bernilai miliaran rupiah bersama Telkom Group seperti PrivyID, Kofera, dan Run System," tandasnya.

Pada ajang Indigo Day ke-3 mendatang, ada lebih dari 20 startup binaan Telkom baik dari program external yaitu Indigo dan dari program internal yaitu Amoeba yang akan bereksibisi menampilkan berbagai inovasi digital. Indigo Day batch ke-1 tahun 2018 ini, akan diselenggarakan di Smart Auditorium Telkom Landmark Tower.

"Besar harapannya melalui ajang tahunan Indigo Day ini, PT Telkom Indonesia berhasil menyinergikan para startup binaan Indigo yang bisa mendukung bisnis di Telkom Group dan mendorong kolaborasi antara korporasi dengan inovasi digital yang diciptakan para startup binaannya," pungkas Herry. (sd)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Indigo Day Dorong Startup Jalin Kolaborasi Teknologi. Please share...!

Back To Top