ITS Surabaya Luncurkan Tiga Seri Mobil Inovatif

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali meluncurkan tiga seri mobil inovatif bertenaga listrik, bertenaga biodiesel dan hybrid


SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali meluncurkan tiga seri mobil inovatif bertenaga listrik, bertenaga biodiesel dan hybrid. Produk mobil inovatif ini merupakan hasil kerjasama ITS dengan PT PLN (Persero) dan Universitas Budi Luhur Jakarta. Ketiga mobil tersebut diberi nama PLN BLITS, Hybrid Series Kasuari, dan WVO Ford Ranger. PLN BLITS merupakan mobil yang diperuntukkan mengikuti Rally Dakar 2019 mendatang, di mana hanya ada dua kursi dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

"Mobil ini 100 persen bertenaga listrik yang menggunakan motor dengan kapasitas energi sebesar 50 kilowatt," kata Direktur PUI-SKO ITS Muhammad Nur Yuniarto di Surabaya, Rabu (1/8/2018).

Menurutnya, mobil ini dibuat oleh tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa mulai jenjang D3 sampai S3 dengan total anggota tim 50 orang. Adapun mobil Hybrid Series Kasuari merupakan seri hybrid yang ditambahkan diesel. Sehingga bahan bakar yang digunakan mobil Kasuari ini menggunakan 50 persen tenaga listrik dan 50 persen tenaga diesel.

Selain kedua mobil yang bertenaga listrik dan hybrid tersebut, tim yang bermarkas di Gedung Riset Mobil Listrik ITS ini juga merancang mobil WVO Ford Ranger. Mobil yang semula menggunakan bahan bakar solar itu kini diganti dengan bahan biodiesel minyak goreng. Pada 17 Agustus 2018, ketiga mobil inovatif tersebut akan melakukan perjalanan mengelilingi Indonesia yang dimulai dari Kota Sabang dan berakhir di Merauke. Perjalanan tersebut diperkirakan akan ditempuh dalam waktu 95 hari dengan jarak sekitar 15 ribu kilometer. (dri)
Labels: Pendidikan

Thanks for reading ITS Surabaya Luncurkan Tiga Seri Mobil Inovatif. Please share...!

Back To Top