LG Pertegas Langkah dalam Evolusi AI

(Ki-Ka) Vice President of Research and Innovation University of Toronto Vivek Goel, berjabat tangan dengan Presiden dan Chief Technology Officer LG Electronics Dr IP Park


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- LG Electronics Inc (LG) semakin mempertegas langkahnya dalam menyiapkan evolusi pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) bagi konsumen dan bisnisnya di masa mendatang. Setidaknya, hal ini terlihat saat pabrikan elektronik asal Korea Selatan (Korsel) ini mengumumkan berdirinya pusat penelitian AI terbaru di kawasan Amerika Utara. Sejumlah kolaborasi juga dilakukan dengan pihak akademisi dan perusahaan rintisan (startup).

"Pada saatnya, AI akan menyentuh kehidupan seluruh orang. Mengubah cara kita hidup, bekerja dan bermain. Implementasi AI dalam perangkat yang saling terhubung, menyiapkan dasar bagi terwujudnya kota pintar, rumah pintar, bisnis pintar dan perangkat pintar yang lengkap dengan semua kemampuan yang bahkan belum pernah dibayangkan sebelumnya," ujar Presiden dan Chief Technology Officer (CTO) LG Electronics, Dr IP Park, Rabu (1/8/2018).

Bersamaan dengan pembukaan pusat penelitian AI terbarunya ini, LG juga mengumumkan kemitraan dengan University of Toronto. Jalinan kerja sama ini menimbang reputasi perguruan tinggi tersebut yang telah mendunia dalam hal AI dan pembelajaran mesin, khususnya pada bidang deep learning.

"Menjadi pendukung visi yang menempatkan AI sebagai mesin pertumbuhan baru, pusat penelitian di Amerika Utara ini akan meningkatkan kapabilitas penelitian LG secara global. Sebelumnya, LG telah memiliki laboratorium untuk penelitian kecerdasan buatan di Korsel, India dan Rusia," kata Park.

Terkait kemitraan LG dengan University of Toronto, kedua belah pihak akan melakukan kerja sama penelitian sepanjang lima tahun. Dibawah kesepakatan bernilai jutaan dolar, penelitian ini bakal berpusat pada penguatan strategi LG dalam pembangunan ekosistem AI yang berlandaskan tiga pilar yaitu Open Platform, Open Partnership dan Open Connectivity.

Presiden University of Toronto, Meric Gertler menyatakan, pihaknya menilai LG sebagai mitra yang menarik bagi penelitian kecerdasan buatan. "Kami sangat berharap dapat menjalin kemitraan dengan perusahaan inovatif global seperti LG. Hal ini sejalan dengan kerja para peneliti kami yang terus berusaha mempersempit batasan AI," ujar Meric Gertler.

Lebih lanjut, Gertler menyatakan, kehadiran perusahaan multinasional yang dikenal sebagai pemimpin pada ekosistem inovasi yang dilakukan universitas akan memperkuat peluang bagi fakultas, mahasiswa dan perusahaan rintisan dari berbagai disiplin keilmuan. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading LG Pertegas Langkah dalam Evolusi AI. Please share...!

Back To Top