Pembiayaan MUF Tumbuh Pesat

Finance & Business Relationship Director MUF K. Kadarisman dan Direktur Operasi Mandiri utama Finance Judy Lesmana dalam acara ‘Pencanangan Integritas Pemanfaatan Data Kependudukan Indonesia, belum lama ini


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- PT Mandiri Utama Finance (MUF) membukukan pertumbuhan pembiayaan sebesar 22% menjadi Rp 4,3 triliun per Juli 2018. Hingga akhir 2018, penyaluran pembiayaan dipatok Rp 10,1 triliun, naik 39% dari 2017 sebesar Rp 7,3 triliun.

"Kami masih on the track untuk mencapai target. Adapun nonperforming financing (NPF) mencapai 1,4%," ujar Finance & Business Relationship Director MUF K. Kadarisman di Jakarta, belum lama ini.

Dia menegaskan, porsi pembiayaan otomotif mencapai 90%, sedangkan sisanya multiguna. Dari total pembiayaan otomotif, sebanyak 60% mobil dan 40% sepeda motor. "Industri pembiayaan nasional kini menghadapi dua risiko. Pertama, suku bunga dan kurs rupiah. Suku bunga acuan menentukan bunga kredit, sedangkan pelemahan rupiah memengaruhi risiko kredit," lanjutnya.

Menurutnya, MUF kini lebih cermat dalam menyalurkan pembiayaan ke perusahaan ekspor impor yang bisnisnya berkaitan erat dengan fluktuasi kurs. Namun, bagi sektor usaha yang tidak terkait, pembiayaan berjalan seperti biasa.

Terkait perluasan ganjil genap di Jakarta, Direktur Operasi MUF Judy Lesmana menilai, sejauh ini hal itu belum terasa dampaknya. Pembiayaan mobil masih stabil. "Yang trennya naik adalah pembiayaan LCGC. Tapi, kami juga tetap hati-hati. Kami mengutamakan nasabah Bank Mandiri untuk segmen LCGC," papar dia.

Di sisi lain, MUF mendukung integritas pemanfaatan data kependudukan. Deklarasi ini disaksikan oleh Menteri Dalam Negeri RI dalam acara bertajuk ‘Pencanangan Integritas Pemanfaatan Data Kependudukan Indonesia’. Data Dukcapil sangat membantu MUF untuk meningkatkan layanan dalam hal kecepatan dan validasi proses kredit oleh pelanggan. Alhasil, kualitas kredit meningkat.

“Adanya pusat data satu pintu yang dapat diakses dengan mudah oleh lembaga keuangan akan sangat membantu untuk memastikan kualitas data pelanggan, sehingga kualitas kredit MUF tetap terjaga baik,” ujar Judy Lesmana. (sd)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading Pembiayaan MUF Tumbuh Pesat. Please share...!

Back To Top