Perpustakaan Digital Demi Tingkatkan Pendidikan Nasional

Perpustakaan Digital demi tingkatkan Pendidikan Nasional


JAKARTA (IndonesiaTerkini.com)- Tingkat literasi masyarakat Indonesia tergolong rendah dibandingkan negara Asia Tenggara lain. Bagaimana tidak rata-rata masyarakat Indonesia hanya menghabiskan waktu kurang dari 1 jam dalam sehari menurut data Penelitian Perpustakaan Nasional 2017. Dan hanya membaca 3-4 buku per minggu.

Tidak heran jika berita bohong (hoax) karena kurangnya minat membaca ini mudah tersebar. Memperhatikan hal ini Telkomsel bekerjasama dengan Gramedia  Digital Nusantara (GDN) berupaya untuk memberikan solusi digital untuk permasalahan tersebut dengan menghadirkan Telkomsel Digital Library atau T-Perpus.

General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel,Tubagus Husniyullah, mengatakan T-Perpus merupakan bentuk kolaborasi Telkomsel dengan GDN untuk pendidikan Indonesia dalam upaya mendukung program pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan sumber daya manusia. “Aplikasi digital T-Perpiu dapat digunakan dengan mudah dengan menyesuaikan gaya hidup digital masa kini, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat baca anak muda Indonesia,” katanya.

Chief Operating Officer Gramedia Digital Nusantara, Adi Ekatama, berharap, aplikasi ini bisa memberi manfaat bagi banyak orang, kolaborasi GDN dan Telkomsel bisa menjadi awal dari kolaborasi-kolaborasi selanjutnya, yang tujuan utamanya adalah untuk menjadi akselerator dari kemajuan Indonesia.

T-Perpus merupakan aplikasi perpustakaan digital guna memudahkan masyarakat khususnya komunitas di sekolah dalam mengakases informasi, mendorong minat baca, meningkatkan kompetensi dan mutu dalam bidang pendidikan. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam kategori buku, majalah dan koran yang menarik, dan dapat digunakan pada  platform IOS atau Android kapanpun dan dimanapun.

Telkomsel memberikan 5000 akses user tanpa biaya, yang akan disebar di beberapa wilayah di Indonesia. Di tahap awal Telkomsel memberikan 1000 user di Universitas atau perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat dengan jumlah konten buku lebih dari 3.000 dengan 69 kategori. Secara periodikal program T-Perpus akan rilis di daerah-daerah selanjutnya.

“Diharapkan program tahap pertama di Jawa Barat ini bisa menjadi langkah awal untuk merangsang dan menumbuhkan minat baca para mahasiswa dan mahasiswi, dan mendukung pola berpikir mereka untuk selalu berfikir kreatif. Dengan menggandeng para anak muda, kami ingin menciptakan budaya baru dengan menerapkan gaya baca kekinian,” kata Tubagus. (ym)
Labels: IPTEK

Thanks for reading Perpustakaan Digital Demi Tingkatkan Pendidikan Nasional. Please share...!

Back To Top