'Suara' Anak Muda Maknai Bhinneka Tunggal Ika

Seni wayang modern karya dari SMP Muhammadiyah 2 Surabaya (Foto: Istimewa)

SURABAYA (IndonesiaTerkini.com)- Selama dua tahun terakhir ini, SARA masih dipakai untuk menggoncang masyarakat demi kepentingan tertentu. Lalu bagaimana penerapan semboyan Bhinneka Tunggal Ika? “Diversity in Harmony”, sebuah pagelaran seni dari anak muda yang hadir untuk menemukan dan memberi makna Bhinneka Tunggal Ika. Pagelaran seni wayang modern menggunakan overhead projector (OHP) diadakan pada Senin, 27 Agustus 2018, di Amphitheater P2 kampus UK Petra, Surabaya. 

"Pagelaran yang menjadi bagian dari kegiatan Onstage Festival 2018 dan diusung oleh Petra Little Theatre (PLT) UK Petra tersebut merupakan implementasi workshop yang telah diikuti oleh sekitar 11 sekolah yang ada di Surabaya awal Agustus lalu. Dipilihlah empat finalis terbaik lalu diberi kesempatan untuk menampilkan karyanya ditambah dua penampilan special dari mahasiswa UK Petra, kata Stefanny Irawan, S.S., M.A., Managing Director PLT UK Petra. Keempat siswa SMP dan SMA tersebut adalah SMA Gloria 1, SMA Gloria 2, SMP Muhammadiyah 3 dan SMP Muhammadiyah 2. 
Masing-masing sekolah selama kurang lebih 10 menit akan menampilkan judul yang berbeda-beda. SMA Gloria 1 akan menampilkan “Toy-verse Story”. SMA Gloria 2 akan menampilkan “Empat Kerajaan Satwa”. Sedangkan SMP Muhammadiyah 3 akan mementaskan “Menjadi Berbeda Sangat Indah”, dilanjutkan dengan “Bhinneka Birds” akan dibawakan oleh SMP Muhammadiyah 2. Selanjutnya kelompok mahasiswa UK Petra akan membawakan “Keong Mas” dan “Pujasera Bhinneka”. 
“Kami ingin teman- teman muda kita memikirkan dan memaknai kenyataan bahwa bangsa Indoensia sangat beragam, berbeda satu dengan yang lain, namun bangsa ini juga berjanji menjadi satu bangsa, satu negara. Oleh sebab itu, pemahaman akan perbedaan, jati diri masing- masing dan kemampuan berkomunikasi dalam menjembatani perbedaan- perbedaaan perlu diasah. Kami berharap dengan memahami perbedaan, mengetahui strategi dalam menghadapinya maka harmoni akan tercipta di dalam masyarakat kita. Sekitar 380 tiket telah terjual habis. Semoga melalui pementasan teman-teman SMP, SMA dan Universitas, kita menjadi makin mampu menghidupi Bhineka Tunggal Ika," urai Meilinda, S.S., M.A., Artistic Director of PLT UK Petra.

Tak hanya menampilkan “ungkapan hati” mengenai Bhinneka Tunggal Ika melalui seni saja, penampilan ini akan dinilai oleh juri dan tiga penampil terbaik dari SMP dan SMA akan mendapatkan hadiah. Jadi mari kita saksikan para pemimpin masa depan kita berbagi keyakinan dan kisahnya yang terinspirasi oleh Bhinneka Tunggal Ika melalui “Diversity in Harmony”. (pr),
Labels: Pendidikan

Thanks for reading 'Suara' Anak Muda Maknai Bhinneka Tunggal Ika. Please share...!

Back To Top